Pemprov Kalsel dan Kemensos Segera Tambah Lumbung Sosial Di Kabupaten Tapin

Achmadi

KBRN, Banjarmasin: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) RI kembali akan menambah lumbung sosial di Kabupaten Tapin, tepatnya di Desa Raya Belanti, Kecamatan Binuang.

Analis Kebijakan Bencana Dinas Sosial Kalsel, Achmadi, mengatakan Desa Raya Belanti merupakan salah satu daerah rawan bencana banjir, karena ketika hujan terjadi di wilayah pegunungan, maka hilirnya pun akan terdampak.

“Langkah strategis yang dilakukan Pemprov Kalsel melalui Dinas Sosial mendirikan lumbung sosial dan rencananya minggu depan akan langsung diberikan oleh Kadinsos Kalsel kepada Camat Binuang,” kata Achmadi, Banjarbaru, Rabu (26/1/2022).

Bantuan lumbung sosial yang diserahkan berisi peralatan, bahan makanan, non pangan, popok, obat-obatan, serta alat-alat yang diperlukan saat banjir seperti genset, lampu, dan water treatment.

“Kids ware, food ware, family kit dan juga matras akan kita berikan untuk memperkuat bantuan tanggap pertama ketika terjadi banjir, pihak kecamatan bisa memberikan bantuan tanggap darurat,” ucap Achmadi.

Achmadi mengatakan, daerah lain juga bisa segera mengusulkan pendirian lumbung sosial ke Dinas Sosial Kalsel, untuk ditindaklanjuti.

“Lumbung sosial ini merupakan yang ke empat belas setelah sebelumnya didirikan juga di kabupaten dan kecamatan berbeda yang rawan terhadap bencana,” ucap Achmadi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar