Pemkab Kotabaru laksanakan Rakor bersama Kankemenag

Rapat koordinasi Pemkab Kotabaru bersama dengan Kankemenag dan pihak yang terkait. foto: istimewa

KBRN, Banjarmasin: Pemerintah Kabupaten Kotabaru bersama dengan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) setempat, mengadakan rapat koordinasi terkait dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) tahun 2022 serta persiapan rencana tablig akbar dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke-72.

Rapat ini dilangsungkan di Operation Room Sekda, dihadiri oleh Asisten I Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs H Minggu Basuki M AP, Kabag Ops Polres Kotabaru Kompol Agus Rusdi Sukandar SH, MH.,SIK, Ketua MUI dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dan Kantor Kementrian Departemen Agama Kotabaru.

Dalam sambutannya Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementeria Agama Kotabaru Hj Siti Fatimah mengatakan, untuk Kalimantan Selatan sendiri tahun 2022 ini mendapatkan kuota sebanyak 1732 ditambah orang, 1 orang pembimbing dan 10 orang Petugas Haji Daerah (PHD) jadi total keseluruhan untuk Kalimantan Selatan 1.743 orang jemaah.

"Untuk Kotabaru sendiri mendapatkan kouta sebanyak 83 orang jemaah sedangkan untuk cadangan sendiri ada sebanyak 25 orang," terang Hj Fatimah sapaan akrab wanita ini.

Ketika data sudah disampaikan dan diverifikasi teryata data awal 1732 orang jemaah ada mengalami perubahan dikarenakan ada jemaah yang terpisah dari suami mereka jadi mengundurkan diri, ada juga jemaah yang lagi hamil jadi mengundurkan diri juga dan juga ada jemaah yang menunda keberangkatannya

Sampai dengan hari ini jumlah jamaah yang sudah mengkonfirmasi jumlahnya 97 orang dengan jumlah jamaah haji organik (jamaah haji yang masuk kuota) yang Insya Allah berangkat itu berjumlah 92 orang dan yang belum melakukan konfirmasi pelunasan ada berjumlah 9 orang.

"Maksud dari konfirmasi pelunasan artinya jamaah datang dengan membawa persyaratan setoran lunas dengan datang ke Bank penerima setoran dan menyampaikan bahwa mereka mengikuti haji tahun ini tanpa membayar satu rupiah," jelasnya pula.

"Untuk persiapan tablig akbar sudah mencapai seratus persen baik itu tempat, konsumsi dan peralatan lainnya sudah siap Insya Allah tablig akbar ini akan dilaksanakan di Mesjid Agung Khusnul Khatimah Kotabaru pada tanggal 15 Mei 2022 Minngu malam," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar