Pastikan Kesehatan CJH, BKOM Kalsel Lakukan Tes Kebugaran Jasmani

Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pemeriksaan kebugaran jasmani bagi calon jamaah haji (CJH) di tiga Kabupaten/Kota di Kalsel.

KBRN, Banjarmasin: Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pendampingan atau pembinaan dalam kegiatan pemeriksaan kebugaran jasmani bagi Calon Jamaah Haji (CJH) di tiga Kabupaten/Kota di Kalsel.

Adapun jumlah jamaah haji yang mengikuti tes kebugaran jasmani yaitu Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebanyak 116 orang, Kabupaten Tanah Laut 137 orang dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah 89 orang.

Kepala BKOM Kalsel, Tamrin mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan yang harus diikuti para CJH, karena dari sinilah para CJH mulai diuji dan dipantau kondisi fisiknya. Terlebih, ibadah haji memerlukan kondisi fisik yang harus prima tidak sekedar sehat saja.

“Tinggal memastikan apakah dapat sesuai dengan SOP atau tidak, yang mana tujuan utama adalah untuk memastikan para jemaah haji pada saat pelaksanaan maupun sampai kembali nanti, masih dalam kondisi sehat dan bugar,” kata Tamrin, Sabtu, (21/5/2022).

Menurutnya, dalam tes kebugaran meliputi pengecekan tekanan darah, pemeriksaan IMT, pemeriksaan lemak tubuh serta kemampuan untuk berlari atau jalan cepat selama 6 menit bagi calon jemaah yang usianya 60 tahun ke atas atau yang mempunyai risiko tinggi dan untuk usia di bawah 60 tahun harus berlari 1.6 km (Tes Rockport) dilihat waktu tempuh sesuai kemampuan fisik masing-masing. 

Selain itu, mereka juga mengikuti senam kebugaran agar siap fisik menjelang keberangkatan hingga tiba. 

“Berdasarkan pemeriksaan tersebut, sementara dikelompokkan menjadi tiga kelompok yakni kelompok sehat, sedang dan kelompok risiko tinggi,” ujarnya.

Oleh karena itu, tes ini dimaksudkan, apabila ada yang ditemukan kurang bugar supaya tetap berolahraga dan saat menjalankan ibadah haji di tanah suci tetap fit dan sehat.

“Apabila ada kelainan, bisa juga petugas kesehatan haji dapat memberikan perhatian khusus,” ungkapnya.

Ia berharap kepada calon jamaah haji yang sudah mengikuti tes kebugaran ini agar bisa menjaga dan menerapkan pola hidup sehat seperti makan yang bergizi, tidur teratur, berolahraga. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar