Pemprov Kalsel Berikan Pembekalan Petugas PPIH

Photo : Istimewa

KBRN, Banjarmasin : Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter terintegrasi Kementerian Agama dengan Kementerian Kesehatan mengikuti bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin mengatakan tujuan penyelenggaraan kesehatan haji adalah untuk meningkatkan dan menjaga kondisi kesehatan jemaah haji sebelum keberangkatan serta selama menunaikan ibadah. Tentunya kembali ke tanah air, juga tetap dalam kondisi yang baik dan mencegah transmisi penyakit menular.

“Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 Pelaksanaan Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, harus memenuhi syarat kesehatan bahwa penyelenggaraan ibadah haji bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan sebaik-baiknya bagi jemaah haji,” kata Diauddin (24/5/2023).

Lanjut, Ia menyampaikan kepada petugas kesehatan yang terpilih harus mempersiapkan diri dengan kesehatan yang berorientasi kepada pelayanan, serta berkomitmen untuk memberikan pelayan yang terbaik untuk menghantarkan calon jamaah haji menjadi jamaah haji yang mabrur. 

Sementara itu, berdasarkan data Calon jamaah Haji Provinsi Kalimantan Selatan dari embarkasi Haji Banjarmasin berjumlah 1.732 orang berasal dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel. 

Berdasarkan data tersebut, calon jamaah yang sudah mendapatkan vaksinasi Meningitis Meningococcus sebanyak 92.99 %, sedangkan pelayanan vaksinasi COVID-19 dosis 1 yaitu 82,90 % dan vaksinasi

dosis 2 sebesar 73,87%. 

“Pelayanan vaksinasi diharapkan dapat mencegah kejadian kesakitan terhadap penyakit-penyakit potensial bagi calon jamaah haji,” ujarnya.

Ia berharap melalui bimbingan teknis, petugas penyelenggara ibadah haji dapat memberikan pelayanan yang optimal.

“Jadilah petugas terbaik dan berikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji Kalsel nantinya,” pungkasnya.

Untuk diketahui Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang kesehatan Kalsel terdiri atas dokter 5 orang, perawat 5 orang dan petugas dari Kalteng 2 dokter dan 2 perawat, tim haji daerah kalsel 6 orang, 4 orang dari kalteng, serta tim haji kemenag 14 orang. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar