FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Tangerang Baru Dua Persen

Ilustrasi

KBRN, Tigaraksa: Progres Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam memvaksinasi Covid-19, baru dua persen atau 70 ribu orang dari jumlah total warganya. Lantaran, disebabkan keterbatasan antibodi virus Corona yang diberikan oleh pemerintah pusat. 

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, jumlah tersebut sudah termasuk vaksinasi yang diberikan kepada tenaga medis, pelayan publik, hingga masyarakat lanjut usia (lansia). 

"Dari vaksinasi tersebut, sudah menunjukkan grafik positif terhadap penurunan kasus Covid-19 di Kabupaten Tangerang," ujarnya kepada rri.co.id, Kamis (15/4/2021).

Zaki mengungkapkan, pemberian vaksinasi terhadap masyarakat Kabupaten Tangerang disebut belum memenuhi target. Pasalnya, vaksin yang diberikan pemerintah pusat masih terbatas. 

"Kami populasinya hampir empat juta jiwa.  Kebutuhan kita pada tahap pertama 160 jiwa dan baru setengahnya saat ini yang kita terima," kata Zaki. 

Zaki mengungkapkan, dalam kunjungan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi ke Kabupaten Tangerang beberapa waktu lalu memang terungkap bahwa bakal ada kekurangan vaksin pada kurun waktu April hingga Juni 2021. 

"Jadi yang sudah didapatkan Kabupaten Tangerang akan kita coba maksimalkan semaksimal mungkin agar paling tidak target masyarakat prioritas 80 sampai 90 persen bisa terpenuhi," jelasnya. 

Meski telah diingatkan Menkes, Budi Gunadi terkait kekurangan vaksin, Zaki tetap mempersiapkan segala infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) untuk penyelenggaraan vaksinasi.

"Kalau infrastruktur kita sudah siap, 25 rumah sakit, 44 puskesmas dan 15 vaksin center untuk nantinya bisa melaksanakan vaksinasi jika vaksinnya sudah ada," tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00