Musim Penyu Lekang Bertelur di Pesisir Jembrana

Koordinator KPP Kurma Asih Perancak I Wayan Anom Astika Jaya saat merelokasi salah satu sarang ke lokasi penangkaran

KBRN, Negara : Sejak bulan Maret lalu, sejumlah sarang (nest) bertelur Penyu Lekang mulai ditemukan warga di pesisir Pantai Jembrana. Bulan-bulan antara Maret hingga Agustus merupakan bulan disaat Penyu dewasa ke darat dan bertelur di pantai.

Wilayah pesisir Pantai Jembrana dari Gilimanuk hingga Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan merupakan titik sarang penyu bertelur. Disalah satu pelestarian Penyu di Jembrana yang berada di Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, sejak bulan Maret lalu sudah mendapatkan 2000 butir telur penyu dari beberapa titik sarang.

Koordinator Kelompok Pelestari Penyu Kurma Asih Perancak, I Wayan Anom Astika Jaya mengatakan, hingga pertengahan April ini kelompok telah merelokasi 31 sarang penyu dari sejumlah lokasi sarang di pesisir Jembrana. 

"Ini kita dapat dari nelayan sekitar dan para pemerhati penyu, disini (Perancak - red) juga paling banyak sarang kita dapatkan," kata Anom, Kamis (15/4/2021). 

Dari total 31 sarang itu, didapatkan 2.635 butir telur penyu yang ditetaskan pada tempat penetasan pasir di KPP Kurma Asih. Setelah menetas, anak-anak Penyu Lekang itu selanjutnya direlease (lepasliarkan) ke habitatnya di Pantai Perancak.

Anom mengatakan untuk sekali mendarat dan bertelur, Penyu-penyu dewasa ini biasanya sudah  jauh (bermil-mil) menyelam di lautan lepas dan berbulan-bulan bahkan tahunan. Namun ketika musim bertelur, mereka akan kembali mencari sarang mereka.

Perancak merupakan salah satu pesisir pantai yang menjadi tempat Penyu bertelur. Proses berkembangbiak hewan yang dilindungi di Indonesia ini sangat panjang dan rumit karena alam. Bahkan dari 1000 butir telur, hanya segelintir yang bisa bertahan hingga dewasa ketika sudah menetas dan kembali ke habitatnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00