BMKG Imbau Nelayan Aceh Waspada Gelombang Tinggi

signature.bmkg.go.id

KBRN, Aceh Utara: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh Aceh Utara mengimbau nelayan waspada terhadap gelombang tinggi bisa mencapai ketinggian 2.5 meter.

Forecaster Cuaca di BMKG Malikussaleh Aceh Utara Ricky Nadiansyah mengatakan, untuk beberapa hari kedepan tinggi gelombang berkisar sekitar 2.0  hingga 2.5 meter dan kecepatan angin di perairan Aceh Utara berkisar 10 - 20 knot.

“Para nelayan yang akan melaut  untuk tetap mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi  dan berhati hati-hati  serta menghindari  awan –awan gelap yang berpotensi hujan,  sedangkan potensi hujan di wilayah Lhokseumawe- Aceh Utara dan sekitarnya potensi cuaca berawan hingga hujan ringan atau sedang dan tidak merata.”terang Ricky, Selasa (18/5/2021).

Oleh karena itu, BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu tetap waspada, khususnya nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m).

“Sedangkan Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m) dan risikonya sangat tinggi terhadap keselamatan pelayaran,”jelasnya. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00