Bangkalan Darurat Covid-19, Jalur Darat-Laut Diperketat

Rapid Tes Antigen Diakses Suramadu Sisi Madura (Foto: Miftah)

KBRN, Bangkalan: Untuk menekan tingginya angka kasus positif Covid-19 di kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, penyekatan kepada para pengendara baik jalur darat dan laut sebagai pintu masuk pulau Madura dari Surabaya, terus di perketat dengan dilakukan rapid test antigen.

Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyo mengatakan, penyekatan kepada para pengendara yang akan menuju Surabaya baik melaui jembatan Suramadu dan Penyeberangan Pelabuhan Kamal terus diperketat.

“Untuk di jembatan Suramadu di bagi dua titik penyekatan di Sisi Madura dan di Sisi Surabaya dan juga penyekatan di pelabuhan Kamal, ini kami lakukan tidak lain untuk menekan laju penyebaran covid-19,” ungkapnya. Kamis (10/6/2021).

Sementara itu, Kapolsek Kamal AKP Andy Bahtera Jaya mengatakan, sejak diberlakukannya penyekatan dan rapid tes antigen masyarakat yang melalui jasa penyebarangan Pelabuhan Kamal menuju Surabaya sangat sedikit.

“Memang hari-hari sebelumnya penumpang kapal sudah sepi, sekarang tambah sepi lagi,” ujarnya.

Ia menambahkan, petugas rapid test antigen di Pelabuhan Kamal hari Rabu (9/6/2021) mencatat dari 111orang yang di rapid tes ditemukan 6 orang yang reaktif, mereka langasung masuk ambulan untuk dilakukan tes swab PCR, jika hasilnya potisif langsung dilakukan karantina.

“Untuk di pelabuhan Kamal penyekatan mulai pukul 6.00 wib sampai 18.00 wib yaitu menyesuaikan jam buka dan tutup kapal, jika tidak ada perubahan jadwal penyekatan ini akan berakhir tanggal 16 Juni 2021 mendatang,” kata Andy    

Sementara itu, Humas Satgas Penanganan covid-19 Kabupaten Bangkalan Agus Zain mengatakan, pemerintah kabupaten Bangkalan menyiapkan dua gedung tempat karantina bagi pasien yang di nyatakan positif covid-19 yaitu di Balai Diklat dan BLK.

“Hasil Swab PCR yang positif di akses Suramadu maupun di Pelabuhan Kamal langsung di bawa ke tempat karantina itu, ini dilakukan tidak lain untuk menekan laju menyebaran covid-19 yang saat ini kasusnya di Bangkalan terus bertambah,” ujarnya.

Sementara data yang berhasil di himpun Radio Republik Indonesia (RRI) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan, peta sebaran covid-19 per tanggal 9 Juni 2021, Suspek 15 orang, Terkonfimasi lab 2.059 orang yaitu ada tambahan 80 orang dari hari sebelumnya, sembuh 1.5 21 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00