FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Kota Medan Belum Diizinkan Pembelajaran Tatap Muka

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi (Dok. Humas Pemprov Sumut)

KBRN, Medan: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengizinkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas di Sumut, kecuali di kabupaten kota yang masuk level 4 dan zona merah, salah satunya Kota Medan.

Dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 188.54/39/INST/2021 tentang PTM Terbatas di masa pandemi Covid-19 di Provinsi Sumut, disebutkan bahwa kabupaten kota dengan kriteria Level 3 (tiga) dan Level 2 (dua) diperbolehkan menggelar PTM secara terbatas.

Sedangkan untuk Kabupaten/Kota dengan kriteria Level 4 (empat) masih melangsungkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Namun ada pula kabupaten kota Level 3 belum diperbolehkan menggelar PTM karena masuk zona merah.

Berdasarkan Imendagri 36 dan 37 tahun 2021 serta analisis Satgas Covid-19 pusat, ada dua daerah di Sumut masuk Level 4 yakni Kota Medan dan Pematang Siantar.

BACA JUGA: Edy Rahmayadi Izinkan PTM Terbatas Awal Sepember

Sementara ada 3 daerah masuk zona merah yakni Kota Pematang Siantar, Kabupaten Toba dan Kabupaten Simalungun.

Dengan demikian, Kota Medan dan 3 kabupaten kota tersebut belum dapat menggelar PTM.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melalui Kadis Pendidikan Sumut, Syaifuddin, mengatakan, kabupaten/kota yang bisa melaksanakan PTM terbatas adalah yang berstatus PPKM Level 3 dan 2 serta bebas dari zona merah Covid-19.

Sementara daerah yang masuk Level 4, masih harus melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dengan demikian, untuk Sumut saat ini yang bisa melaksanakan PTM terbatas adalah 29 kabupaten/kota.

Adapun Medan dan Siantar hingga 30 Agustus 2021 masih berstatus PPKM Level 4, sedangkan Toba dan Simalungun meskipun berstatus level 3, namun masuk dalam zona merah Covid-19.

"Untuk kabupaten kota Level empat, seluruh kegiatan pembelajaran formal, non formal dan informal, dilakukan melalui PJJ," terang Syarifuddin di Medan, seperti dikutip RRI.co.id, Senin (30/8/2021).

Sementara, Kadis Kominfo Sumut, Irman Oemar, menambahkan, diizinkannya PTM terbatas tersebut telah disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi kepada bupati/wali kota se-Sumut dalam rapat koordinasi melalui video conference Senin siang.

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi Covid-19 dilakukan dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan semua warga satuan pendidikan, salah satunya, kepala sekolah, guru dan tata usaha telah divaksin.

Dari 33 kabupaten kota di Sumut, 2 kota masuk Level 4, 24 kabupaten/kota Level 3, dan 7 kabupaten/kota Level 2.

Sementara untuk status zona resiko, 3 kabupaten/kota masuk zona merah, 24 zona oranye, dan 6 kabupaten/kota zona kuning. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00