Kampanye Pencegahan Stunting pada Anak di Tubaba

KBRN, Jakarta:  Kampanye pencegahan stunting pada anak dilakukan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal dalam kegiatan Kampanye Gizi Produk Peternakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Rabu (22/9/2021).

Riana Sari Arinal menekankan pentingnya konsumsi produk hewani untuk mencegah stunting, untuk itu, dia mengajak anak-anak sekolah untuk gemar makan telur dan daging, serta minum susu.

“Dengan mengkonsumsi telur setiap hari akan meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan kasus stunting di Provinsi Lampung,” kata Riana.

Kampanye Gizi Produk Peternakan dilakukan dengan makan telur bersama yang melibatkan para kader PKK dan anak-anak sekolah.

Didampingi Ketua TP PKK Tubaba, Kornelia Umar, Riana bersama anak-anak sekolah yang hadir pada kegiatan itu meneriakkan yel-yel “minum susu sehat, makan telur kuat, anak Lampung berjaya, yes, yes, yes…”

Ketua TP PKK Tubaba, Kornelia Umar, menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba selama ini terus berupaya menjamin ketersediaan dan keterjangkauan produk hewani di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, dilakukan juga upaya agar masyarakat mengembangbiakkan ternak di lingkungan rumah masing-masing yang selain dapat untuk memenuhi kebutuhan gizi, juga dapat menunjang penghasilan keluarga, misalnya ternak unggas.

Kornelia juga mengungkapkan, selain unggas, Pemerintah Kabupaten Tubaba saat ini juga sedang giat mengembangkan budidaya lebah madu trigona. Budidaya lebah madu trigona juga dapat dilakukan oleh warga masyarakat karena bisa dilakukan di areal pekarangan rumah. Madu yang dihasilkan lebah trigona diyakini memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan madu biasa.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tubaba, Nazaruddin, membenarkan bahwa Kabupaten Tubaba saat ini memang sedang berupaya mengembangkan ternak lebah madu trigona atau yang lebih sering dikenal sebagai ladu lanceng. Pemerintah Daerah membangun percontohan ternak lebah trigona di Komplek Taman Agrowisata yang berada di Tiyuh (Desa) Pulung Kencana. Warga dapat mendatangi lokasi itu bila ingin mempelajari teknik budidaya lebah trigona.  (foto: Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00