BMKG: Puluhan Titik Panas Terpantau di Babel

Riles resmi terpantau BMKG Pangkalpinang

KBRN, Pangkalpinang: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memantau ada sebanyak 25 hingga 34 titik panas di sejumlah wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Koordinator Bidang Data dan informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji menyebut, kondisi ini rata-rata terjadi setiap harinya dalam beberapa hari terakhir.

“Terdeteksi cukup banyak sekali titik panas dalam lima hari terakhir sampai hari ini, rata-rata 25 hingga 34 titik panas, tapi kondisi ini tidak se-ekstrim yang pernah kita alami pada tahun 2018,” jelas Kurniaji kepada RRI.co.id, Sabtu (16/10/2021).

Ia mengatakan, titik panas tersebut terpantau di beberapa wilayah seperti Bangka Barat khususnya Kecamatan Kelapa, Bangka Selatan Air Gegas, Payung serta Toboali.

“Wilayah Koba Bangka Tengah dan di wilayah Kecamatan Kelapa Kampit Belitung Timur,” kata Kurniaji.

Kondisi ini, dikatakan Kurniaji, tidak menjadi suatu hal yang menghawatirkan, karena dibandingkan dengan kondisi yang terjadi pada tahun 2018 setiap harinya bisa mencapai 100 lebih titik panas, bahkan pernah mencapai 176 titik panas dalam satu hari.

“Ini terjadi karena walaupun kondisi cukup panas tapi masih terjadi hujan, seperti update informasi yang kami disampaikan setiap tiga jam sekali, berarti kalau ada update tersebut masih ada potensi hujan di wilayah kita,” ujarnya.

Diakuinya, beberapa hari yang lalu di Pangkalpinang khususnya, tercatat suhu maksimal mencapai 34 derajat Celsius, karena memang saat itu tidak ada hujan sekitar 3-4 hari.

“Sehingga dengan kondisi hujan yang jarang terjadi, maka kelembapan akan semakin rendah dan suhu akan terasa lebih terik di kulit kita,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kurniaji menyampaikan, untuk potensi karhutla pasti selalu ada, tapi hingga sekarang berdasarkan pantauan belum ada laporan.

“Paling hanya terkait pengecekan titik panas yang masih berupa padang pasir dan padang savana, belum sampai ke titik api yang muncul di wilayah kita,” tutupnya. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00