PTMT, Kasus Aktif Covid-19 Capai 54 Orang

KBRN, Bandung: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung telah mengantongi hasil tes acak PCR siswa serta tenaga pendidik yang dilakukan kepada 2.179 orang yang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas, ditemukan 54 diantaranya terpapar Covid-19.

Sebelumnya diketahui 14 siswa dan guru terkonfirmasi Covid-19 pada hasil tes acak perdana. 

"Hasil dari total tes acak PCR Covid-19 bagi mereka yang melaksanakan PTMT sudah keluar dari total jumlah yang kita tes yaitu 2.179 dan 54 yang terdiri dari siswa dan guru terkonfirmasi Covid-19," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Bandung, Rosye Arosdiani saat dihubungi media, Jumat (22/10/2021). 

Lebih jauh ia menjelaskan, dari jumlah terpapar tersebut didominasi oleh siswa. Pasalnya, dalam melakukan tes acak PCR Covid-19 disetiap sekolah diikuti oleh 30 siswa dan 3 orang tenaga pendidik. 

"Dari perbandingan tersebut, sample kepada siswa lebih banyak dibandingkan guru. Begitu juga untuk hasil dari 54 yang terpapar Covid-19 didominasi oleh siswa," paparnya. 

Ia menyebutkan, pihaknya mencatat sebelas sekolah yang ditemukan lebih dari 5 persen siswa dan tenaga pendidik terkonfirmasi Covid-19.

"Untuk rombongan 5 persen lebih yang terpapar Covid-19, diharapkan berhenti dulu untuk kegiatan PTMT yakni ada 12 sekolah. Setidaknya mereka menghentikan PTMT hingga selesai pelacakan," tuturnya. 

Rosye juga mengatakan, untuk penemuan kasus aktif Covid-19 pada pelaksanaan PTMT tidak ada gejala yang terlihat. Bahkan, rata-rata semua yang terkonfirmasi terlihat sehat seperti biasanya. 

"Kalau ada gejala pastinya tidak bisa mengikuti PTMT, untuk itu mereka yang terpapar melakukan isolasi mandiri. Hingga saat ini kita terus melakukan 3T yakni Tracing, Testing, dan Treatment," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00