Pembangunan Waduk Kawasan TPU Rorotan

KBRN, Jakarta: Pembangunan waduk terpantau masih terus berjalan sisi timur dan barat area Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing. 

Kasatpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cilincing, Tjahyono Budi Setiawan menerangkan, pengerjaan waduk di TPU Rorotan baru mencapai 20 persen. 

"Lahan yang digunakan untuk pembuatan waduk sisi timur sekitar dua hektar. Sedangkan waduk sisi barat, satu hektar. Nantinya, waduk itu akan berbentuk seperti cincin dan pembatas antara kedua waduk itu adalah jalan menuju area makam," ungkap Tjahyono saat dikonfirmasi, Jumat (22/10/2021). 

Saat ini, kata dia, masih dilakukan pembuatan tanggul di sekitar waduk TPU Rorotan. 

"Kendala di lapangan adalah lahan yang basah karena terguyur hujan sehingga proses pengerukannya tidak maksimal. Jika lahannya kering akan mempermudah tahapan pengerukan," kata Tjahyono.

Menurut dia, keberadaan waduk yang berfungsi sebagai tempat penampungan air diharapkan menjadi solusi untuk mencegah terjadinya genangan di area pemakaman. 

"Persentasenya masih kecil sekitar 20 lersen karena proses pengerjaannya baru dimulai pada bulan Agustus lalu, dan masih berjalan hingga saat ini," ujarnya. 

Bahkan, dia berharap pengerjaan waduk di area TPU Rorotan dapat terus berlanjut di tahun 2022.

"Nanti akan dilanjutkan dengan pembuatan batas dan pembentukan waduk yang seperti cincin. Semoga dengan adanya waduk ini dapat mengatasi permasalahan genangan di TPU Rorotan," tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00