FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Kodim 0912/Kubar Siapkan 2.500 Vaksin untuk Masyarakat

Anggota TNI tengah melayani vaksin covid-19 di Markas Kodim 0912/Kutai Barat. Senin (6/12/2021). Foto//RRI.Sdw

KBRN, Sendawar: Komando Distrik Militer (Kodim) 0912/Kutai Barat kembali melayani vaksinasi covid-19 bagi masyarakat umum. Program serbuan vaksin itu dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 6-7 Desember 2021, di Markas Kodim, Kelurahan Barong Tongkok Kecamatan Barong Tongkok, Kota Sendawar.

Bintara kesehatan Kodim 0912/Kbr Serma Wawan Setya Budi mengatakan, vaksinasi covid-19 itu merupakan program khusus dari Kodam VI/Mulawarman Peduli Vaksin, dengan VBtarget sebanyak 2.500 dosis, menggunakan vaksin jenis Sinovac dan Coronavac.

”Untuk hari pertama ini sudah kita layani 470 orang. Sisanya di hari kedua sampai mencapai target 2.500 dosis,” kata Serma Wawan usai vaksin hari pertama di Makodim, Senin (6/12/2021).

Pemberian vaksin ini,kata Wawan, diperuntukkan bagi semua penerima, baik dosis pertama maupun dosis kedua.

“Untuk dosis pertama atau kedua itu bebas. Yang penting kita perhatikan kapan dia kembali vaksin yang kedua. Kemudian kita ada program vaksin, mereka mau suntik di Kodim kita tetap terima,” katanya.

Wawan menyebut pelayanan vaksin hari pertama sempat terkendala jaringan internet. Sebab semua data peserta vaksin harus diunggah secara daring atau online. Sementara jaringan internet seluler dari provider Telkom maupun telkomsel sempat hilang hampir 4 jam.

“Masyarakat tetap menunggu, tetapi karena kondisi jaringan yang kurang memungkinkan maka kita lanjutkan besok untuk memenuhi kuota yang ada, bahkan mungkin lebih,” jelas Serma Wawan.

Pantauan RRI, masyarakat sangat antusias mendapat vaksin. Bahkan petugas vaksin atau vaksinator yang hanya berjumlah dua orang hampir kewalahan. Alhasil hingga pukul 17.00 Wita masyarakat masih antre.

Menurut Wawan, kekurangan vaksinator itu karena hampir semua petugas di lingkungan ibu kota sedang bertugas melayani vaksin di tempat lain. Sehingga Kodim hanya berharap petugas dari Puskesmas Besiq Kecamatan Damai, yang jaraknya cukup jauh dari ibu kota.

Sementara sejumlah peserta vaksin mengaku sudah datang sejak pukul 07.00 Wita. Namun karena kelewatan saat dipanggil petugas, akhirnya mereka pulang dengan kecewa.

“Dari jam 7 sudah di sini, terpaksa besok baru datang lagi. Tadi tunggu lama, sempat keluar sebentar. Pas datang lagi sudah nggak dipanggil. Ngga apa-apa lah, namanya orang berebut kan,” ungkap Iram, salah satu peserta vaksin asal Barong Tongkok.

“Saya dari Besiq pagi-pagi sudah di sini. Ya, syukurlah akhirnya bisa dapat vaksin juga. Di tempat saya susah dapat vaksin pak,” kata Markus, salah satu karyawan perusahaan di Kecamatan Damai.

Sedangkan ketua Paguyuban Hinaq Ayaq Bahau Maran (HABAMA) Kubar Hermonius mengapresiasi layanan vaksin Kodim 0912/Kubar.

Menurutnya saat ini masyarakat sudah mulai sadar mengikuti program vaksinasi covid-19 yang digalakan pemerintah.

Hal itu membuktikan masyarakat mulai sadar akan pentingnya penyuntikan vaksin demi mencapai kekebalan masal atau heard imunity.

“Kami sangat mengapresiasi tinggi kepada Kodim 0912/Kubar yang mengadakan vaksin. Ini sangat membantu masyarakat. Sesuai dengan moto TNI, Tulus ikhlas melayani masyarakat,” kata pria yang akrab disapa Remon itu.

Remon juga membawa sang istri Sunisia, mengikuti vaksin untuk dosis pertama. Mereka mengajak masyarakat jangan takut divaksin.

“Mari kita ikut vaksinasi ini demi kesehatan kita. Jangat takut, demi kebaikan kita,” kata Remon dan Sunisia kompak.

Bagi masyarakat Kubar yang ingin mendapat penyuntikan vaksin diminta membawa KTP atau kartu BPJS. Dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Dan yang terpenting jaga kesehatan sebelum divaksin serta patuh dengan protokol kesehatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar