Bunga Raflesia Mekar di Muara Sahung Bengkulu

Raflesia Arnoldi mekar di Kawasan Ulak Bandung Kecamatan Muara Sahung, nampak kelopaknya sudah mulai agak layu akibat cuaca yang cukup terik. Foto: (RRI/Rohil Minata)

KBRN, Bintuhan: Satu dari 14 bonggol bunga Raflesia jenis Raflesia Arnoldi mekar di kawasan Ulak Bandung, Kecamatan Muara Sahung, Kabupaten Kaur, Bengkulu, Sabtu (28/5/2022).

Satu bonggol mekar dengan sempurna, sementara bonggol-bonggol lainnya diperkirakan akan mekar antara seminggu hingga dua minggu ke depan.

"Dari kemarin satu yang sudah mekar, namun baru sudah agak layu karena cuaca yang cukup panas, biasanya kalau tidak begitu panas bisa bertahan empat sampai lima hari," jelas Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Ulak Bandung, Kecamatan Muara Sahung, Zul Almahera, Minggu (29/5/2022).

Bonggol Bunga Raflesia yang siap mekar. Foto: (ist/Pokdarwis) Desa Ulak Bandung)

Dikatakan Zul, bagi masyarakat pecinta Bunga Raflesia yang ingin melihat langsung bunga raflesia yang mekar bisa datang langsung ke kawasan Desa Ulak Bandung.

Zul berharap, para pengunjung mampu menjaga bunga, sehingga keindahannya tetap terjaga.

Menurut Zul, pada bulan Juni nanti akan banyak bunga raflesia yang mekar di kawasan tersebut, karena masih ada beberapa bonggol yang siap untuk mekar.

Selain jenis Raflesia Arnoldy, juga ada jenis Raflesia Bengkuluensis yang siap mekar tergantung di akar pohon.

"Silahkan kalau mau berkunjung asal sama-sama menjaga bunga dan kawasan ini nantinya, karena bakal bunga masih banyak yang belum mekar termasuk yang menggantung di pohon," papar Zul.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar