Meriahnya Gebyar Indonesia-Timor Leste di Daerah Enklaf

"Gebyar 20 Tahun Indonesia-Timor Leste" di daerah enklaf Oecusse berlangsung meriah, Sabtu (25/6/2022) malam. (Foto: RRI/Febby Leo Lede)

KBRN, Oecusse: Kegiatan "Gebyar 20 Tahun Indonesia-Timor Leste" yang diglar KBRI Dili berlangsung sukses. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperingati 20 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Timor Leste. Acara ini dipusatkan di Oecusse, daerah enklaf Timor Leste di Indonesia.

Beragam kegiatan diselenggarakan dalam gebyar tersebut. Kegiatan itu antara lain forum bisnis dan investasi unggulan perbatasan, serta gebyar seni budaya dan pendidikan, gebyar seni dan bazar yang berlangsung di Lapangan Palaban, Oecusse, Sabtu (25/6/2022) malam, yang disaksikan ribuan masyarakat.

Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik mengatakan acara dipusatkan di Oecusse karena letaknya yang strategis. Kemudian punya potensi ekonomi di kawasan perbatasan. Hal itu jadi momen bagus untuk meningkatkan hubungan kerja sama pembangunan di perbatasan.

"Akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun wilayah enklaf Oecusse ini ditutup atau lockdwon. Namun sekarang entitas bisnis, masyarakat, dan warga perbatasan bisa bergerak lagi," kata Dubes Okto Dorinus Manik. 

Ditambahkan, potensi perekonomian di kedua wilayah perbatasan, khususnya di Oecusse itu banyak sekali. Ditambah sisi budaya dan adat-istiadat masyarakat NTT di wilayah perbatasan dan Timor Leste memiliki banyak kesamaan.

Maka itu penampilan budaya dari masyarakat dari Kabupaten Kupang, Kabupaten Belu, dan Timor Tengah Utara, menjadi hiburan dan menambah erat hubungan persahabatan kedua negara.

Dubes RI Untuk Timor Leste, berharap dengan kegiatan tersebut, hubungan bilateral kedua negara bisa terus terjalin dengan baik. Kemudian berbagai kendala yang dihadapi untuk normalisasi perekonomian bisa berjalan lancar.

Pantauan rri.co.id "Gebyar 20 Tahun Indonesia Timor Leste" dipadati ribuan penonton. Mereka datang melihat puluhan stan ekonomi kreatif, pendidikan, hingga beragam produk unggulan. Ada juga penampilan grup musik Secret Familly, penampilan tari-tarian dari Belu, TTU, Oecusse, dan ditutup dengan penampilan artis asal Ambon, Mitha Talahatu.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar