Bank DKI Dorong Pertumbuhan Kredit Konsumer

(dari kiri ke kanan) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto, pegawai tidak tetap Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, serta Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi saat acara gebyar promo di Area Parkir Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Senin (4/7/2022)

KBRN, Jakarta: Seiring dengan mobilitas masyarakat yang mulai meningkat, Bank DKI terus mendorong pertumbuhan kredit konsumer di tahun 2022. Khususnya produk Kredit Multi Guna dan KPR Griya Monas.

Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi mengatakan, pihaknya akan terus memperluas pasar kredit konsumer tidak hanya di lingkungan Pemprov DKI Jakarta saja, namun juga akan menyasar pasar konsumer yang telah ditargetkan dalam Business Mapping Bank DKI.

"Di tahun 2021, penyaluran Kredit Multi Guna mengalami pertumbuhan sebesar 15.34 persen, atau sebesar Rp11.2 triliun di akhir 2020 menjadi Rp12.9 triliun di akhir tahun 2021," kata Babay, Senin (4/7/2022).

"Perkembangan Kredit Multi Guna selama tahun 2021 dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain relatif meredanya Pandemi COVID-19, dan peningkatan aktivitas pemasaran dan promosi produk," tambahnya.

Sebagai bagian dari program tranformasi digital, bagi nasabah yang ingin mengajukan kredit Multi Guna atau KPR, Bank DKI juga menyediakan aplikasi e-form consumer loan sebagai layanan pengajuan kredit yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

"Caranya mudah, masuk ke website Bank DKI di www.eform.bankdki.co.id kemudian pilih ‘pengajuan permohonan’, pilih jenis kredit yang diinginkan, kemudian isi formulir data permohonannya dengan data pribadi kamu sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga," paparnya.

"Selanjutnya, nasabah mengisi data pekerjaan dan data keuangan, dan terakhir pilih persetujuan untuk menyelesaikan proses pengajuan kredit," imbuhnya.

Selain produk Kredit Multi Guna, Bank DKI juga berencana untuk meningkatkan pemasaran produk Kredit Kepemilikan Rumah, termasuk diantaranya perluasan segmentasi sasaran KPR Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Produk tersebut akan dipasarkan kepada karyawan kontrak atau Pegawai Tidak Tetap (PTT/PJLP/Honor/Kontrak) dan Linkage di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Hal ini merupakan salah satu upaya optimalisasi sebagai bentuk dukungan Bank DKI terhadap program sejuta rumah yang dicanangkan oleh pemerintah pusat berdasarkan Perjanjian Kerjasama yang telah ditandatangani oleh Bank DKI dengan BP Tapera Januari 2022 lalu," ucapnya. 

Sebagai rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495, Bank DKI juga berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menggelar acara gebyar promo di Area Parkir Dinas Lingkungan Hidup.

"Acara yang digelar sejak 22 Juni 2022 tersebut digelar di lingkungan wilayah kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti Balaikota DKI Jakarta, Kantor Walikota hingga Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Program Gebyar Promo ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto berharap, kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan karyawan kontrak atau Pegawai Tidak Tetap (PTT/PJLP/Honor/Kontrak) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Semoga kolaborasi yang sudah terjalin saat ini dapat terus ditingkatkan. Kami berharap, Bank DKI selaku BUMD Pemprov DKI Jakarta dapat terus meningkatkan layanan kepada nasabah," pungkas Asep.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar