Siapkan Konten Multiplatform, RRI Mengadakan Program "Merdeka Kampus"

Direktur LPU RRI Yonas Markus Tuhuleruw (kedua dari kiri) beserta jajaran pengisi acara menghadiri MSIB FAIR 2022 di UGM, Yogyakarta. (Foto: Tinus Ohoira/RRI)

KBRN, Yogyakarta: Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) akan menyiapkan berbagai konten multiplatform. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengadakan program "Merdeka Kampus"

Dikrektur Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) LPP RRI, Yonas Markus Tuhuleruw mengatakan, RRI telah melengkapi infrastruktur sarana dan prasarana dalam rangka melebarkan multiplatform.

“Jadi teristerial adalah konten utama, tetapi kita sudah melebar masuk ke multiplatform, di sana ada You tube, podcast, rri.co.id, rriplay go, dan lainnya. Kami punya aplikasi yang bisa didengar dengan mudah oleh semua orang,” jelas Yonas Tuhuleru, saat acara Sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di Grha Sabba UGM Yogyakarta, Selasa (5/7/2022).

LPP RRI sebagai mitra kegiatan MSIB, kata Yonas, mendapat 50 Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang siap magang di Puslibangdiklat selama 5 bulan.

"Akan ada 24 SKS, dengan pembagian waktu, 2 bulan di Pusdikbangdiklat dan 3 bulan lainnya Magang di RRI seluruh Indonesia," jelasnya. 

Mahasiswa dari sejumlah Universitas di Indonesia antara lain Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, mengungkapkan ketertarikannya terhadap konten RRI di MSIB FAIR 2022.

Mahasiswa Fakultas Sosiologi UGM, Ananda mengatakan, dirinya tidak pernah mengikuti siaran RRI dan programnya, namun setelah dijelaska  ia merasa tertarik dengan RRI. 

“Saya tertarik dengan penjelasan tentang RRI, tetapi juga tertarik dengan program magang yang dilakukan RRI karena akan bersertifikat,” ungkap Nanda kepada RRI. 

Senada dengan Ananda, Mahasiswa Fakultas Teknik UGM, Seno, mengakui bahwa dirinya tidak mendengar radio, tetapi melalui kegiatan MBIS 2022, ia mulai mencari tahu tentang RRI.

Harapannya, RRI terus membuka diri bagi mahasiswa agar semakin diketahui konten siarannya. 

“Penjelasan yang disampaikan di booth RRI menarik sekali tentang planning content RRI. Apalagi dengan tranning menulis, membaca dan menyampaikan beritanya. Saya sendiri kurang paham dengan kegiatan begitu,” tutup Seno. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar