Bukittinggi-Agam Jadi Etape Napak Tilas Bung Hatta

Rute etape napak tilas merayakan 120 kelahiran Bung Hatta. (Foto: Istimewa)

KBRN, Agam: Napak tilas memperingati 120 tahun kelahiran Bung Hatta akan digelar pada 14 Agustus 2022. Acara ini diinisiasi Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH).

Iman Satria, Ketua Pelaksana Bung Hatta Memorial Heritage, mengatakan napak tilas kali ini memiliki kegiatan yang beragam. Bahkan terbagi ke dalam dua etape.

“Etape napak tilas kali ini melibatkan dua daerah, Kota Bukittinggi untuk etape pertama dan Kabupaten Agam untuk etape kedua,” ujar Iman Satria, Jumat (5/8/2022).

Untuk etape pertama start napak tilas dari Istana Bung Hatta menuju rumah kelahiran sang proklamator itu. Belasan kilometer akan ditempuh peserta napak tilas. 

Bung Hatta lahir di Bukittinggi pada 12 Agustus 1902. Ia termasuk proklamator kemerdekaan Indonesia, bersama Bung Karno.

“Dari rumah kelahiran Bung Hatta, peserta napak tilas menempuh perjalanan 13,3 kilometer. Setelah itu menuju etape kedua ke Lapangan Batu Palano, Agam,” kata Iman Satria.

Jarak di etape kedua lebih pendek. Peserta napak tilas hanya melakukan perjalanan 5,2 kilometer menuju titik finis di Pasanggrahan Bung Hatta.

“Sebelum menuju ke Pasanggarahan Bung Hatta, para peserta akan disuguhi serangkaian penampilan seni dan budaya. Acara nanti bakal menarik,” ucap Iman Satria.

Napak tilas etape pertama rencananya dilepas Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah. Sedangkan etape kedua ada Bupati Agam Andri Warman yang akan melepas.(YPA/Depit, Foto : AMC)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar