417 RS dan Puskesmas di Sumsel Siap Layani Vaksinsi

KBRN, Palembang: Sebanyak 417 layanan kesehatan yang terdiri dari puskesmas, rumah sakit dan juga klinik yang terdaftar dalam Jaringan Kesehatan Nasional (JKN) di Sumatera Selatan (Sumsel), siap melakukan vaksinasi Covid-19. 

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel, Yusri kepada RRI menjelaskan, secara SDM, logistik dan sarana prasarana seluruh layanan kesehatan yang terdaftar itu siap sepenuhnya. Apalagi proses vaksinasi Covid-19 tidak berbeda jauh dengan proses vaksinasi lainnya, sehingga tidak menyulitkan SDM untuk melakukan vaksinasi. 

"Semua layanan kesehatan sudah siap karena vaksinasi bukan hal yang baru, hanya saja di masa pandemi harus menyesuaikan protokol kesehatan," Jelasnya, Rabu (13/1/2021). 

Yusri mengatakan, pelaksanaan vaksinasi nantinya akan dilakukan bertahap, dimulai dari kota Palembang yang akan disuntikkan pertama kepada Gubernur Sumsel Herman Deru pada Kamis, (14/1/2021). Selanjutnya vaksinasi akan di lakukan bertahap keseluruh wilayah di Sumsel. 

Sebelumnya, 30 ribu vial atau 30 ribu cc vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Sumsel pada 1 Januari lalu. Tahap pertama vaksin itu diperuntukkan untuk empat wilayah, yakni Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Banyuasin.

Dinas Kesehatan Sumsel sendiri saat ini baru menyalurkan vaksin itu kedua wilayah, yaitu Kota Palembang mendapat alokasi vaksin sebanyak 23.600 vial dan Kabupaten OKI sebanyak 6.400 vial.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00