Kaltim Cuaca Ekstrim, Masyarakat Diminta Waspada

KBRN, Samarinda: Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan meteorology, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kaltim puncak curah hujan akan berlangsung hingga Maret 2021 mendatang.

Sebagian wilayajh Indonesia sejak Nopember 2020 lalu sudah memasuki musim penghujan sampai saat ini. Bahkan ada daerah yang banjir karena intensitas hujan tinggi di Kalimantan Timur seperti Samarinda.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan curah hujan yang intens berlangsung hingga Maret 2021 mendatang.

Koordinator BMKG wilayah Kalimantan Timur yang juga Kepala Stasiun Meteorologi Kelas 1 Sepinggan Balikpapan Erika Mardianti kepada RRI di Samarinda Kamis (21/1/2021) Mengatakan, cuaca tersebut berpotensi ekstrem.

Oleh karena itu masyarakat Kalimantan Timur harus waspada bencana yang dampaknya dipicu oleh kondisi cuaca dan iklim  atau yang sering disebut hidrometeorologi.

“Secara umum konfisi kita inikan memang masuk fenomena lanina, jadi sampai bulan Maret potensinya itu masih ada, jadi memang masih dalam kondisi dengan adanya curah hujan yang cuku bisa dikatakan lebih banyak dari biasanya, ya seperti yang dilihat kadang kondisnya hujan lebat, nanti normal dan biasa,” kata Erika.   

Erika mengingatkan, kepada warga di daerah ini untuk berhati-hati jika hujan lebat mengguyur Kaltim termasuk Samarinda yang dibarengi dengan petir dan angin kencang bisa berpotensi terjadinya banjir dan tanah longsor. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00