FOKUS: #VAKSIN COVID-19

3.040 Vaksin Sinovac Tiba di Kota Madiun

KBRN, Madiun: Vaksin produksi Sinovac yang dikirim dari PT Bio Farma Jawa Barat tiba di Kota Madiun, Selasa (26/1/2021) petang. Satu truk boks kendaraan pengangkut vaksin tiba dikawal Baracuda milik Polda Jatim.

Setibanya di gudang peyimpanan obat, kendaraan pengangkut vaksin langsung disterilisasi petugas menggunakan cairan disinfektan. Pun pengamanannya juga cukup ketat.

Walikota Madiun, Maidi mengatakan, secara keseluruhan ada dua boks vaksin yang diterima. Totalnya sebanyak 3.040 vaksin. Saat ini vaksin tersebut seluruhnya disimpan di gudang Perbekalan Kesehatan milik Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kota Madiun Jalan Candisewu.

"Vaksin sejumlah 3.040 sudah diterima Forkopimda Kota Madiun. Jadi ini gelombang pertama. Semakin cepat semakin baik dan nanti gelombang kedua kita tunggu. Mudah-mudahan ini segera selesai," ungkapnya.

Maidi menyatakan untuk vaksinasi tahap pertama sasarannya sekitar 20 orang berlangsung di RSUD Kota Madiun pada Rabu (27/1/2021). Ke-20 orang itu diantaranya Walikota, jajaran forkopimda, mulai Kajari, Pimpinan DPRD, TNI dan Polri.

Kemudian tenaga medis dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Madiun. Tahap berikutnya baru menyasar tenaga kesehatan (nakes). Jadwalnya pun sudah disusun by name by adress. Termasuk waktu dan tempat pelaksanaannya. Kemungkinan di enam puskesmas se Kota Madiun.

Vaksinasinya pun dilakukan secara bertahap untuk menghindari kerumunan. Rencananya vaksinasi untuk nakes mulai dilakukan awal Februari. Sementara vaksinasi gelombang kedua dilakukan 14 hari berikutnya pasca pelaksanaan vaksinasi tahap pertama.

"Alhamdulillah semuanya sudah siap untuk divaksin," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00