15 Tahun Menanti, Guru Honorer Kalteng PNS

KBRN, Palangka Raya: Sembilan orang guru honorer K2 menerima Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Tengah menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Selasa (23/2/2021).

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, tenaga guru honor K2 telah 15 tahun lebih mengabdi dengan penuh kesabaran dan ketulusan untuk mencerdaskan anak bangsa.

"PNS kita selama ini formasi masih rendah, kebutuhan kita cukup tinggi. Ini salah satu bagian tahapan un tuk memenuhi jumlah guru yang ada di Kalimantan Tengah, terutama kewenangan kita adalah guru SMA, SMK dan SLB. Dengan adanya ini tentu kita harapkan kekurangan guru bisa terpenuhi dan mereka bisa segera beradaptasi dengan pola belajar-mengajar yang saat ini di tengah pandemi," kata Sugianto di Palangka Raya, Kalteng, Selasa (23/2/2021).

Dia juga mengatakan, seluruh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah lolos seleksi penerimaandilaksanakan secara kompetitif, ketat, dan transparan menerima SK pengangkatan.

"374 orang yang terpilih dari  4.655 pelamar Seleksi CPNS Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah merupakan orang-orang yang kompeten karena berhasil lulus seleksi," kata Sugianto.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Tengah Katma F Dirun menjelaskan jumlah dalam formasi pengangkatan PNS dan PPPK ini.

"Formasi CPNS 2019 untuk guru sebanyak 268 formasi, tenaga kesehatan 29 formasi, dan teknik lainnya sebanyak 42 formasi. Sementara formasi PPPK 2019 sebanyak 24 orang.  Dari 24 formasi yang diikuti guru honorer K2 yang sudah mengabdi selama 15 tahun pada 2019 yang berhasil hanya 9 orang guru," kata Dirun.

Dirun menyebut ini bagian kebanggaan Kalteng.

"Ini suatu kebahagiaan sendiri bagi Pemprov Kalteng mendapat tambahan PNS sebanyak 374 orang. Utamanya adalah dari guru guru. Walaupun dibandingkan kebutuhan masih jauh dari cukup," kata Dirun.

Penyerahan SK pengangkatan dihadiri langsung 48 orang perwakilan CPNS dan PPPK yang sudah menjalani tes PCR sebelum mengikuti acara.

Sedangkan CPNS lainnya, mereka menghadiri penyerahan SK Pengangkatan secara daring.(DNS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00