Calon Tunggal Kapolri

Listyo Sigit Prabowo (ANTARA)

KBRN, Jakarta: Ucapan selamat layak disampaikan kepada komisaris jenderal polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri.

Dari lima nama perwira tinggi Polri dengan pangkat Komisaris Jenderal Polisi yang diajukan kepada Prsiden, hanya Komjen Listyo Sigit Prabowo yang paling dipercaya menjadi Kapolri pengganti jenderal Idham Aziz.

Seluruh waki partai di DPR memberi dukungan kepada Komjen Listyo Sigit, termasuk dua partai yang berada di luar pemerintahan yakni Partai PKS dan Partai Demokrat.

Tokoh masyarakat Nadhatul Ulama dan Tokoh Muhammadiyah juga menyampaikan dukungannya walau Listyo bukan dari kalangan Muslim.

Urusan jabatan Kapolri memang tidak ada urusannya dengan latar belakang agama dan keyakinan atau daerah, kasta, dan kesukaan.  Komjen Listyo Sigit Prabowo secara usia memang terbilang muda, baru 52 tahun dan dapat berarti sepanjang masa jabatan Presiden Joko Widodo hingga 2024, Kapolrinya adalah Listyo Sigit Prabowo.

Selain dinilai cerdas dan profesional, Presiden Joko Widodo tentu memiliki chemistry dengan Komjen Listyo, sebab selain pernah menjadi ajudannya,  juga pernah sama-sama tugas di Solo. Chemistry itu ternyata penting, karena mudah memahami karakternya.

Selamat menjalani uji kepatutan dan kelayakan Pak Listyo, sebagai syarat formal jadi Kapolri. Capaian pak Tito sudah bagus, pak Idham sudah baik, dan Pak Listyo tinggal lanjutkan. Bikin Polri makin dicinta rakyat banyak.

Komentar ditulis Editor Senior Pro3 Widhie Kurniawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00