Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (ANTARA)

KBRN, Jakarta: Sejatinya dari Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo tidak ada masalah untuk diajukan menjadi calon tunggal Kapolri.

Semua syarat dan kecakapan terpenuhi. Pangkat juga cukup, sebagai jenderal polisi bintang tiga. Persoalan agama juga tidak ada masalah, karena semua lembaga dan ormas keagamaan juga mendukung. Dan yang pasti, Polisi adalah lembaga Profesional.

Satu hal yang masih sering jadi sorotan adalah soal angkatan. Listyo adalah angkatan 1991. Komjen termuda dan masih akan berdinas di Kepolisian 7 tahun lagi. Ia melintasi angkatan Akpol 87, 88, 89, dan 90. 

Sebagai contoh, Wakapolri Gatot Edi, alumni Akpol 88 A, kelahiran 28 Juni 1965, masa dinas 30 bulan lagi, dan pernah menjadi Kapolda Metro Jaya. Kedua, Irwasum Agung Budi, alumni Akpol 87, kelahiran 19 Februari 1965, masa dinas 26 bulan lagi, dan pernah menjadi Kapolda Jabar. Akpol 87 menjadi kendala mengingat Kapolri Idham Azis adalah juniornya di Akpol 88 A. Para jenderal senior tersebut masih cukup lama juga memasuki masa pensiun dan karir sudah tertinggi.

Sedangkan bagi Listyo Sigit Prabowo sendiri, sisa masa tugasnya masih 7 tahun lagi. Sepertinya tidak ada juga masa Jabatan Kapolri sampai 7 tahun. Ini sekedar catatan bahwa ujung karir seorang polisi aktif itu bisa jadi bukan sebagai Kapolri. 

Editor Senior Pro3 Widhie Kurniawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00