HUT RI-76, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh

Foto: Ilustrasi Bendera RI (Istimewa)

KBRN, Jakarta: Besok seluruh bangsa Indonesia akan memperingati 76 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Tiap tangal 17 Agustus adalah moment paling bersejarah bagi seluruh anak bangsa, karena tanggal tersebut, proklamator bangsa Indoensia, Soekarno - Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Kini 76 tahun sejak proklamasi kemerdekaan, kehidupan bangsa Indonesia tidak jarang mengalami pasang surut. Pada era 2020 - 2021, saat ini adalah pada era yang cukup memprihatinkan karena serangan pandemi Covid-19.

Pemerintah menetapkan thema peringatan Proklamasi kemerdeaan dengan kalimat Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan makna Tangguh dan Tumbuh tersebut. 

Dijelaskannya, dalam thema kemerdekaan itu ada pesan optimis untuk menghadapi dan melintasi berbagai persoalan yang ada terutama pandemi saat sekarang. Sementara itu, Logo peringatan kemerdekaan kali ini adalah bentuk angka 7 diasosiasikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' insfrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah.

Bentuk ini juga melambangkan 'kepala Garuda' yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

Kemudian untuk angka 6, diasosiasikan sebagai orang dan roda yang sedang bergerak terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi. Narasi tangguh dan tumbuh. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, tangguh itu dimaknai Kuat, andal, tidak mudah dikalahkan dan Kukuh.

Bahasa Inggrisnya dipadanankan tough. Sedangkan Tumbuh dimaknai dalam KBBI sebagai hidup, berkembang dan menuju sempurna. Jelas sekali narasi Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh sarat dengan makna. 

Hatapannya tema ini tidak sebatas satu bulan agustus atau sampai dengan agustus berikutnya, namun perlu menjadi bagian internal rakyat dan bangsa Indonesia bertahun tahun kemudian. Dalam novel karya Rhonda Byrne, berjudul The Secret: Dare to Dream diungkapkan kekuatan Law of Atraction. 

Ini hukum alam yang dapat dilakukan secara terus menerus dan konsisten. Tema Tangguh dan Tumbuh itu singkat, terkesan sederhana tapi kuat dalam pesan. Ini harus terus diinternalisasikan dlaam diri bangsa Indonesia. Bahkan bila perlu dapat diteruskan hingga Indonesia Emas 2045. Fokus pada satu thema dan berhasil. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00