PPKM Level 3, Sekolah Tatap Muka Dimulai

Foto: Ilustrasi Sekolah Tatap Muka (Istimewa)

KBRN, Jakarta: Adalah apresiasi bagi banyak pihak yang ternyata dapat menurunkan level PPKM di DKI Jakarta dari Level 4 ke level 3 bersama Bandung dan Surabaya. Para pimpinan Daerah di Jakarta, Bandung dan Surabaya memang layak diberi apresiasi tinggi, akan tetapi yang lebih tinggi tentu para dokter, tenaga kesehatan, supporting dan tentu saja TNI dan Polri, karena pengawal penyekatan dan pemantauan adalah jajaran TNI dan POLRI, serta Presiden dan jajaran Kabinetnya yang selalu menggunakan data dan angka dalam setiap pengambilan kebijakan. 

Hampir semua sektor mulai ada pelonggaran.  instansi essensial dan kritikal sudah beraktifitas, mall sudah buka, tempat ibadah dapat digunakan, pasar tradisional apa lagi. Satu sektor yang belum pernah buka sama sekali di Jakatta adalah sekolah. 

Pernah diuji coba tapi tutup lagi. Kini memang saatnya Buka Sekolah. Mendikbud Nadiem Makarim sudah mengarahkan untuk buka sekolah. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta juga sudah mewacanakan buka sekolah di Ibukota. Artinya, sekolah memang harus diarahkan tatap muka.  Kendati sejumlah epidemolog tidak sepakat soal herd imunity tapi data bahwa sekitar 80 sampai 90 persen warga DKI sudah dapat vaksinasi tahap pertama dapat juga menjadi referensi. 

Tentu banyak argumen untuk membuka sekolah kembali secara tatap muka langsung, seperti asoek psikologis dan edukatif, namun yang pokok adalah Protokol Kesehatan harus dijalankan. Protokol kesehatan bagi siswa dan tenaga pendidik bukan saja di sekolah, tapi juga di rumah. 

Yang perlu mrnjadi perhatian adalah gurunya dan orang tua siswa itu sendiri, sebab tidak sedikit guru sekolah dan orang tua siswa di Jakarta ada yang sudah berusia di atas 50 tahun dan sebagian juga mungkin memiliki riwayat penyakit yang dapat menjadi komorbit. Jadi sekolah perlu segera tatap muka dengan prokes di dalam kelas dan di dalam rumah siswa. Demikian komentar. Selamat pagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00