Gangguan Jaringan Internet Indihome

Foto: Ilustrasi Telkom Indonesia (Istimewa)

KBRN, Jakarta: Pembicaraan di media sosial hingga media arus utama soal gangguan jaringan infrastruktur indihome menarik untuk disoroti. Bahkan gangguan tersebut menjadi salah satu di antara 5 Top perbincang publik di media sosial. 

Secara faktual, Menurut Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono, penyebab terjadinya gangguan jaringan Indihome dan Telkomsel berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam, pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut. 

Gangguan tersebut berdampak pada pengguna internet di sejumlah wilayah Jawa, Makassar hingga Papua. Dampaknya ternyata sangat banyak dan keluhan warga pun bermunculan.

Kegiatan belajar mengajar secara daring terganggu, penggunaan Internet untuk webinar zoom dan presentasi terkendala, hingga beragam aplikasi yang tidak optimal digunakan. 

Fakta-fakta ini jelas menunjukkan bahwa seberapa hebat suatu aplikasi, namun kekuatannya tergantung pada jaringan infrastruktur yang ada. 

Sebagai negara besar dan berpulau-pulau seperti Indonesia, maka ketergantungan terhadap infrastruktur internet menjadi prioritas. Namun persoalannya, gangguan kemungkinan tetap ada. 

Karena itu dalam konteks ketahanan nasional, maka hal yang harus diantisipasi bukan semata infrastruktur Internet nya, tetapi kepastian jalur komunikasi dan informasi antar pulau di nusantara yang harus tetap terjaga. Ini penting. 

Sehingga karenanya, kendati saat ini semua sudah mengarah pada Digitalisasi berbasis internet, namun teknologi analog dan teresterial seperti siaran radio masih perlu dijaga dna dipelihara. 

Sehebat apapun teknologi, pasti ada celahnya, dan itu perlu diantisipasi. Gangguan jaringan internet Indohome sejak minggu lalu menjadi fakta yang menunjukkan hal tersebut. Demikian komentar. Selamat pagi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00