UMKM Digital Besutan Akabri 96 Dapat Dukungan

Ketua DPR RI, Puan Maharani didampingi

KBRN, Tangerang: Ketua DPR RI, Puan Maharani mendukung akselerasi transformasi digital bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Menurutnya, hal itu akan membantu perekonomian masyarakat, khususnya pada saat pandemi Covid-19 ini. 

"Jadi ini program ini membantu tulang punggung ekonomi Indonesia. Salah satunya dengan membantu UMKM kita melakukan transformasi digital," ujarnya, di SMKN 2 Kota Tangerang, Kamis (23/9/2021). 

Transformasi digital UMKM merupakan program yang diinisiasi alumni Akabri 1996. Melalui program tersebut, alumni Akabri 1996 memfasilitasi para pelaku UMKM untuk menggunakan aplikasi itu agar usahanya terintegrasi dengan berbagai e-commerce. 

Puan menuturkan, program itu bisa menjawab menjawab terbatasnya literasi digital yang menjadi kendala bagi pelaku UMKM saat ini.

Sementara, lanjutnya, transformasi digital merupakan kebutuhan mutlak yang harus dimiliki pelaku UMKM agar mampu bertahan serta tumbuh berkembang. 

"Ini merupakan proses kombinasi pemberian bantuan dan bagaimana transformasi digital ke depannya untuk membantu UMKM dalam pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya.

"UMKM kita menyerap 97 persen tenaga kerja Indonesia dan kontribusinya terhadap PDB Indonesia mencapai 61 persen," jelasnya. 

Puan berharap produktivitas UMKM harus terus ditingkatkan karena memiliki peranan besar bagi Indonesia. 

"Sehingga sebagai tulang punggung perekonomian, UMKM harus diperkuat dari berbagai program, salah satunya dengan program seperti ini," jelasnya.

Puan menjelaskan, gotong royong pemerintah dan swasta melalui penguatan UMKM diharapkan bisa membantu memulihkan perekonomian setelah terimbas pandemi Covid-19. 

"Iya pada akhirnya peningkatan perekonomian nasional juga akan kembali dinikmati oleh masyarakat," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00