Menteri Perdagangan Cabut Larangan Ekspor Minyak Goreng

Dokumentasi - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi (Foto: Dok. ANTARA/Humas Kemendag/pri)

KBRN, Jakarta: Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mencabut aturan larangan ekspor Crude Palm Oil (CPO) beserta turunannya, yakni minyak goreng dan bahan baku minyak goreng, yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 22 Tahun 2022. 

"Kami akan mencabut peraturan menteri perdagangan nomor 22 tahun 2022 tentang Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Olein, serta Used Cooking Oil," tegas Menteri Perdagangan Lutfi dalam keterangan pers melalui YouTube Kementerian Perdagangan, Jumat (20/5/2022).

Sesuai arahan Presiden Jokowi, Lutfi mengingatkan bahwa ekspor CPO dan turunannya akan dibuka kembali pada 23 Mei 2022, yang diatur dalam aturan menteri perdagangan. 

"Hal hal yang akan diatur mencakup aturan-aturan terkait tetapi tidak terbatas pada eksportir terdaftar, ketentuan DMO dan turunannya, serta mekanisme pengawasan dengan melibatkan aparat penegak hukum," ujarnya. 

Ia menambahkan, Kementerian Perdagangan bersama Kementerian BUMN dan pelaku usaha swasta, akan terus memperluas akses penjualan minyak goreng curah melalui program MigorRakyat. 

Program ini bertujuan untuk menjual minyak goreng curah dengan harga terjangkau senilai Rp14.000/liter dapat tepat sasaran, yaitu untuk masyarakat berpendapatan rendah. 

Dalam implementasinya, program MigorRakyat ini akan menggunakan teknologi aplikasi digital dan tersinkronisasi secara nasional. 

"Setiap orang bisa membeli minyak goreng curah 1-2 liter per hari dengan menunjukkan KTP," ungkapnya. 

Saat ini sudah tersedia lebih dari 2.000 titik pasar yang telah menerapkan program MigorRakyat.

Tak berhenti disitu, Lutfi juga memastikan nantinya jumlah itu akan terus bertambah untuk bisa menjangkau pasar-pasar di Indonesia. 

"Dan dalam waktu dekat terjangkau 10 ribu titik," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar