Warkop Digital Inisiasi Cybers Group Tersebar di 13 Provinsi

KBRN, Pasuruan: PT Cybers Group Indonesia menginisiasi lahirnya program Warung Kopi (Warkop) Digital yang bertujuan untuk mengembangkan potensi desa, serta mendukung program percepatan akses dan pelayanan informasi (Desa Digital) di wilayah Kabupaten Pasuruan.

Vice President PT Cybers Group Indonesia, Braman Setyo di acara Business Matching dalam rangka membuka pasar bagi UKM di Kabupaten Pasuruan mengatakan saat ini, jaringan Warkop Digital yang dikelola Cybers Group Indonesia sudah memiliki 23 kemitraan di 13 Provinsi di Indonesia. 

Termasuk juga jaringan pemasaran produk lokal Indonesia berada luar negeri, yakni di Malaysia dan Singapura. Sementara Kabupaten Pasuruan menjadi pilot project Warung Kopi Digital untuk wilayah Jawa Timur.

“Warung Kopi Digital ini untuk pengembangan perekonomian warga sekitar serta membangun industri kreatif di Kabupaten Pasuruan,” ujar Braman Setyo dalam keterangan, Kamis (23/6/2022).

Tak hanya itu, program Warkop Digital juga mendukung akses pemasaran produk melalui percepatan akses dan pelayanan informasi serta membantu usaha mikro di desa/kelurahan. Pelaksanya adalah Cybers Group Indonesia.

“Termasuk pula melatih SDM, yakni bagaimana pengembangan UKM, bagaimana tentang kewirausahaan, pelatihan online, pemasaran online sampai pengembangan potensi SDA melalui produk kreatif dan pengelolaan desa wisata. Harapannya pertumbuhan perekonomian bisa meningkat,” jelas Braman Setyo.

Namanya Warkop Digital, tentu akan dikembangkan untuk layanan QRIS pembayaran digital, PPBO digital, pos online hingga lainnya. Seluruh konsumen dapat melakukan pembayaran transaksi dengan mudah dan bisa menggunakan pembayaran non tunai.

Mantan Deputi Kementerian Koperasi dan UMK RI tahun 2011-2017 ini menambahkan pihaknya ingin berkolaborasi dengan Pemkab Pasuruan. Dalam hal ini, Pemkab Pasuruan sudah memiliki Pusat Inovasi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil, yang lokasinya berada di Kecamatan Pandaan.

“Dengan berkolaborasi, maka bisa membuka pasar bagi UKM di Kabupaten Pasuruan. Kita bisa memberikan perangkat digitalisasi dalam bentuk TV, komputer, software. Dan ini akan berikan secara gratis,” jelas Braman Setyo.

Namun demikian, program Warkop Digital harus mendapat dukungan dari pihak terkait, yakni Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Pasuruan. Antara lain sarana dan prasaranya, pembiayaan operasional, event dalam bentuk kegiatan yang rutin, pengelola pusat inovasi yang propesional.

“Nantinya, Warung Kopi Digital ini siap berakselerasi dan mendukung suksesnya Pusat Inovasi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil,” tambah Braman Setyo. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar