Stok Beras Indonesia Capai 1,1 Juta Ton

Dokumentasi Beras Indonesia. (Foto: AntaraNews)

KBRN, Jakarta: Kepala Divisi Pengadaan Komoditi Perum BULOG Budi Cahyanto memastikan, tok beras di Indonesia aman. Menurutnya, stok beras Indonesia mencapai 1,1 juta ton.

Budi menjelaskan berdasarkan analisis Universtitas Gadjah Mada (UGM),  Indonesia harus memiliki stok paling tidak 1-1,5 juta ton. Jumlah stok itu untuk memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia 260 juta.

"Stok beras cukup dan aman sampai akhir tahun 2022. Kita saat ini punya stok kurang lebih 1,1 juta ton yang saya pikir itu sudah sesuai dengan ketentuan FAO, sebagaimana rekomendasi Permentan juga," kata Budi dalam webinar FMB9, Jumat (19/8/2022).

Bahkan, kata Budi, Indonesia dapat mengekspor beras karena memiliki stok yang melimpah. Ia mengungkapkan produksi beras Indonesia terbesar kedua setelah Tiongkok.

"Kita mungkin menjadi negara pengekspor beras stok melimpah. Selain itu, juga produsen terbesar kedua di dunia," jelasnya.

Budi melanjutkan, saat ini sudah ada beberapa negara yang menginginkan beras asal Indonesia. Negara tersebut adalah Arab Saudi dan Malaysia. Nantinya beras yang akan di ekspor adalah beras khusus Indonesia.

"Sudah ada beberapa negara yang ingin beras Indonesia. Nanti beras khusus Indonesia yang akan kami kirim," ujarnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar