Airlangga: Aturan Turunan UU Ciptaker Segera Dirilis

KBRN, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menyatakan aturan turunan UU Cipta Kerja sudah hampir rampung, dan akan dirilis dalam waktu dekat.

"Terkait UU Cipta Kerja dalam waktu dekat pemerintah akan merilis Peraturan Pemerintah (PP)-nya maupun Perpres-nya," ujar Airlangga dalam webminar 'Akselerasi Pemulihan Ekonomi, Selasa ( 26/1/2021).

Ditekankan Airlangga, saat ini, pemerintah masih terus melakukan harmonisasi aturan turunan UU Ciptaker, karena beberapa sektor masih perlu didetilkan.

"Ada penambahan aturan turunannya dari semula 44. Karena ada pendetilan di sektor pekerjaan umum dan perumahan rakyat, sehingga total regulasi yang dibuat menjadi 52 peraturan pelaksanaan, yang terdiri dari  48 peraturan pemerintah dan 4 Perpres," jelas Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga mengatakan, aturan turunan UU Ciptaker itu merupakan hasil kegiatan serap aspirasi dari masyarakat, yang dilakukan secara daring maupun luring.

"Melalui website dikunjungi oleh 4,8 juta orang. Serap aspirasi melalui kegiatan roadshow juga dilakukan di 15 kota di berbagai daerah," pungkas Airlangga.

Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2 November 2020. Sesuai ketentuan, aturan turunan untuk UU ini harus sudah dibuat paling lama tiga bulan setelah UU itu disahkan. Mengacu pada ketentuan tersebut, aturan turunan UU Cipta Kerja paling lambat sudah dirilis bulan Februari 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00