Lokan Crispy Khas Singkil Terjual Hingga ke Mancanegara

Lokan crispy Aceh Singkil siap saji

KBRN, Singkil: Meski diakui sejumlah  permintaan di masa pandemi Covid-19 sempat mengalami penurunan, akan tetapi pemasaran produk Lokan Crispy khas Aceh Singkil, tembus hingga ke pasar Timur Tengah dan Belanda. Perjuangan para pengrajin dan nelayan untuk mendapatkan bahan baku lokan ini, yang diperoleh dari salah satu sungai tempat bersarangnya buaya di Aceh Singkil, tidak sia-sia dan mendapatkan kepuasan tersendiri.

Hal itu di ungkapkan salah seorang pengrajin Lokan Crispy Aceh Singkil, Hermansyah, kepada RRI, Selasa (26/1/2021).

"Peminat Lokan Crispy tidak hanya di Aceh, Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, akan tetapi pernah ada yang pesan untuk Ke Arab Saudi dan Belanda," sebut Hermasyah

Lebih lanjut Herman menjelaskan, pengolahan Lokan Crispy semula hanya dilakukan untuk menghilangkan rasa jenuh setelah pulang dan memanfaatkan waktu libur bekerja sebagai PNS. Namun, setelah digeluti ternyata mampu menambah pendapatan perekonomian keluarganya. 

"Alhamdulillah ternyata dapat menambah pendapatan Rp2 hingga Rp3 juta setiap bulannya," tambah Hermansyah. 

Sementara itu, semenjak dua tahun terakhir dirinya bersama dengan pengrajin Lokan Crispy lain berhasil mengolah lokan menjadi makanan dan khas dan salah satu oleh-oleh Aceh Singkil. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) serta instansi lain memberikan pembinaan dan dukungan terhadap pengembangan Lokan Crispy di Aceh Singkil. Bahkan diakui Herman, usaha yang ia kembangkan saat ini, sudah mendapatkan izin dari Dinas  Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat serta menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Permusyawe Ulama (MPU) Aceh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00