Air Pasang, Harga Ikan Laut di Kalteng Naik

KBRN, Palangka Raya: Kenaikan harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional di Kota Palangka Raya saat ini, banyak dipengaruhi kondisi cuaca ekstrem, juga pasangnya air laut. Rata-rata ikan yang di jual di dua Pasar yakni Pasar Kahayan dan Pasar Besar merupakan jenis ikan peda, tongkol, kembung, udang, kakap merah, cumi, bawal laut dan lajang, dengan kisaran harga jual 34 hingga 65 ribu rupiah perkilogramnya. Sementara itu, sotong, cumi dan udang laut dijual hingga 75 ribu rupiah perkilogramnya.

Salah seorang pedagang pasar Kahayan, Lisa mengatakan, kenaikan harga ikan saat ini akibat pasangnya air laut sehingga saat diambil dari pengepul ikan Pasar besar harga ikan naik 2 hingga 5 ribu rupiah dari harga jual biasa.

”Naik tu mba harga ikan laut sekarang, naik dari harga awal 2 hingga 500 selisihnya,” ujar Lisa, Selasa (26/1/2021). 

Sementara itu, Marwah - salah satu pengepul ikan di Pasar Besar di kesempatan berbeda mengatakan, kebanyakan stok ikan diambil dari Banjarmasin dengan kondisi cuaca dan musibah banjir di Kalsel mengakibatkan terhambatnya distribusi barang ke Kota Palangka Raya.

"Kami rasa ini akibat banjir di Kalsel barang terhambat masuk Palangka Raya,” jelas Marwah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriati Ritha Dewi menyebutkan, di Kota Palangka Raya saat ini hanya ikan laut yang mengalami kenaikan harga dari ikan sungai akibat air pasang atau gelombang naik di pesisir pantai, yang mengakibatkan menurunnya hasil tangkapan nelayan pesisir.

Sementara itu, permintaan saat pandemi ini justru meningkat. Hal inilah yang membuat harga ikan laut di Palangka Raya menjadi Naik,.

"Ya mau bagaimana lagi mba, kondisi saat ini untuk melaut membahayakan terpaksa kita mengandalkan ikan di petani budidaya,” ucap Indriati. 

Ikan laut segar memang selalu diburu masyarakat. Selain ikan sungai lokal di Kalteng saat pandemi Covid-19 ini, masyarakat membutuhkan lebih banyak nutrisi bagi tubuh.Kondisi ini memicu naiknya harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional di Palangka Raya. Meski demikian ikan-ikan yang harganya mengalami kenaikan hanya ikan laut. Sementara ikan lainnya masih berada pada kisaran harga normal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00