Sri Mulyani Bersama Erick Thohir, Dewas LPI

Menteri Keuangan RI merangkap Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati (Dok. Istimewa/AntaraFoto)

KBRN, Jakarta: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Rabu (27/1/2021), telah melantik Lima Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (Dewas LPI).

Pelantikan Dewas LPI dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 6/P tahun 2021.

Susunan Dewas LPI terdiri dari pejabat ex-officio, yakni Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan (Menkeu) dan Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kemudian juga ada 3 Anggota Dewas LPI dari unsur profesional, masing-masing Haryanto Sahari, Darwin Cyril Noerhadi dan Yozua Makes, mereka akan melengkapi susunan Dewas LPI.

Beberapa pertimbangan dipilihnya ketiga anggota Dewan Pengawas dari unsur profesional tersebut adalah mereka memiliki keahlian dan pengalaman di bidang investasi, pasar modal, hukum dan tata kelola.

Selain itu, ketiganya juga dipandang memiliki perspektif global dan berpengalaman dalam menangani transaksi internasional.

Kompetensi yang dimiliki ini diharapkan dapat mendukung fungsi pengawasan LPI sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) 11/2020 sehingga mampu mewujudkan LPI yang solid, kredibel, dan efektif.

Haryanto Sahari adalah akuntan publik senior dengan lebih dari 30 tahun pengalaman baik nasional maupun internasional.

Darwin Cyril Noerhadi merupakan salah satu investor terkemuka di Indonesia dan telah berperan dalam berbagai transaksi investasi di Asia Tenggara dan Asia Selatan meliputi Indonesia, Malaysia, India dan Vietnam.

Sedangkan Yozua Makes, adalah pendiri dan managing partner dari firma hukum Makes & Partners, dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dalam transaksi merger dan akuisisi, corporate finance, penanaman modal asing dan berbagai transaksi komersial antar negara lainnya.

Tugas pertama yang segera akan dilakukan oleh Dewan Pengawas LPI adalah menyelenggarakan seleksi dan mengangkat Dewan Direktur yang akan bertanggung jawab terhadap operasionalisasi LPI.

Selain itu, Dewas LPI juga akan menyusun pengaturan dasar-dasar pengelolaan LPI sebagai landasan bagi kegiatan operasional LPI.

Proses pemilihan Dewan Direktur akan segera dilaksanakan dan diharapkan pada awal Februari 2021 Dewan Direktur sudah terpilih. 

Selanjutnya, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2020 Tentang Lembaga Pengelola Investasi, Dewan Pengawas akan bertugas untuk melakukan pengawasan atas pengelolaan LPI yang diselenggarakan oleh Dewan Direktur terpilih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00