Investasi Miras Dicabut, Perpres Penanaman Modal Berlaku

KBRN, Jakarta: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal tetap akan berlaku pada 4 Maret 2021 nanti.

Tekait Keputusan Presiden Jokowi mencabut aturan investasi minuman beralkohol hanya terkait lampiran ke 3 halaman 31,32 dan 33. Sehingg, terkecuali aturan yang dicabut tersebut, Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tetap berlaku.

“Jadi Perpres ini tetap berlaku, pada 4 Maret 2021, hanya yang dikecualikan untuk Lampiran 3 nomor 31,32 dan 33 yang terkait alkohol,” kata Bahlil dalam konferensi pers, Selasa (2/3/2021) seperti dikutip dari idxchannel.com.

Dalam paparannya secara virtual terkait Peraturan Presiden No.10 Th2021 Tentang Bidang Usaha Penanaman Modal, Bahlil mengatakan bahwa Perpres ini hadir untuk memberikan insentif fiskal.

"Perpes ini berlaku jangan hanya berpihak kepada ekonomi besar, tetapi juga harus bekerja pada ekonomi kecil," tegasnya.

BKPM bersama-sama pemerintah serta Menteri-menteri UMKM, dan Menko Perekonomian berusaha keras untuk mengawal agar Undang-Undang ini berlaku adil dalam usaha besar maupun usaha kecil.

"Alhamdulillah, dengan penjabaran dari pada pasal 90 UU Cipta Kerja tentang UMKM ini, UMKM sangat dilindungi sekali," ujarnya.

Adapun batas modal untuk perusahaan asing masuk yakni Rp10 miliar kebawah.

"Untuk Rp10 miliar ke atas itu asing, dan Rp10 miliar kebawah itu perusahaan asing tidak boleh masuk. Disamping itu, kolaborasi antara pengusaha besar, UMKM, dan pengusaha yang ada di daerah perlu dilakukan," pungkasnya.

Bahkan, lanjutnya, BKPM dalam proses pemberian perizinan dan pemberian insentif, BKPM akan mengisyaratkan mereka harus berkolaborasi dengan pengusaha daerah dan UMKM. (foto: investor.id)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00