FOKUS: #G20

Transisi Energi, Gernas BBI Kampanyekan Kendaraan Listrik

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Jambi, Rabu (19/1/2022). Gernas BBI kali ini menampilkan kendaraaan listrik produksi dalam negeri sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup yang diusung dalam Presidensi G20 Indonesia, yakni transisi energi. Gernas BBI yang mengambil tempat di Bandara Sultan Thaha, Jambi, memamerkan sepeda motor dan mobil produksi lokal. (Foto: Dok. Antara)

KBRN, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Jambi, Rabu (19/1/2022).  

Gernas BBI kali ini menampilkan kendaraaan listrik produksi dalam negeri sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup yang diusung dalam Presidensi G20 Indonesia, yakni transisi energi. 

Gernas BBI yang mengambil tempat di Bandara Sultan Thaha, Jambi, memamerkan sepeda motor dan mobil produksi lokal.

"Ini dalam rangka Presidensi G20 Indonesia dan untuk menyambut KTT G20 di Bali," ujar Luhut melalui keterangan resmi yang diterima RRI.co.id di Jakarta. 

Luhut menambahkan, banyak yayasan luar negeri  seperti Rockefeler Foundation dan Bill Gates Foundation, yang menulis surat kepada Presiden Jokowi untuk bisa hadir di KTT G20. 

"Mereka antusias sekali membantu Indonesia di bidang climate change dan penanggulangan sampah plastik di laut, selain membantu UMKM," kata Luhut. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam kesempatan yang sama mengatakan, dalam Gernas BBI kali ini ada kampanye kendaraan listrik. 

"Ada touring mobil listrik dari Jakarta ke Lampung, lalu ke Palembang, dan sampai Jambi, dengan melibatkan pembalap nasional Rifat Sungkar," kata Menhub.

Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan, Gernas BBI di provinsinya memang mengusung tema go green.

Lokasi peluncuran dipenuhi nuansa hijau dari berbagai tanaman yang tumbuh di Jambi. 

"Tempat kita hadir sekarang ini dipenuhi tanaman, antara lain pakis yang banyak tumbuh di hutan-hutan Jambi," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar