Sekjen Kominfo Jelaskan Arti Penting Forum G20 

KBRN, Jakarta: Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Sekjen Kominfo), Mira Tayyiba mengatakan, Group of Twenty (G20) merupakan forum kerja sama multilateral yang melibatkan banyak negara. Adapun, pihak-pihak yang terlibat didalamnya mulai dari pemerintah negara-negara yang tergabung hingga Bank Central. 

"Aktor di dalamnya ada pemerintah ada bank central," jelas Mira dalam  acara Sofa Talk-Digital Economy Working Group 'Kepemimpinan Indonesia Dalam Isu Digital di Forum G20' di Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Secara spesifik, kata Mira, forum G20 ini berisikan 19 negara termasuk Indonesia ditambah dengan Uni Eropa. Namun, untuk saat ini Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari ASEAN yang tergabung di dalamnya.

"Isinya adalah 19 negara termasuk Indonesia plus Uni Eropa. Untuk kawasan Asean anggotanya hanya indonesia," jelasnya. 

"Kalau kita lihat Kawasan Asia yang lebih luas memang ada Korsel, Tiongkok, Jepang, kemudian di selatan ada Australia, di Amerika Utara ada Amerika Serikat, Kanada, bawahnya ada Brazil, Argentina, Meksiko. Jadi semua kawasan termasuk Jazirah Arab, termasuk Afrika ada wakilnya," tuturnya.

Mira mengatakan, peran 19 negara ditambah Uni Eropa ini sangat strategis mengingat jumlah ini mewakili sampai 65 persen dari pendiduk dunia. Termasuk di dalamnya 80-85 persen perekonomian dunia.

"Dan ternyata 19 negara plus Uni Eropa ini perannya sangat strategis karena setidaknya mewakili 65 persen dari penduduk dunia. dan sekitar 80-85 persen perekonomian dunia, walaupun cuma 20 ini, ya," paparnya.

Sehingga keberadaan Indonesia sebagai satu-satunya wakil dari Asean merupakan posisi yang berpengaruh. Apalagi tahun ini Indonesia mendapat kepercayaan untuk memimpin pelaksanaannya. 

"Jadi indonesia tergabung di dalamnya yang merupakan satu-satunya negara Asean. Jelas ini posisi yang prestise, apalagi kemudian kita di tahun ini memegang presidensi," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar