Presidensi G20 Pertanian, Ini Pesan Mentan Italia

KBRN, Jakarta : Kementerian Pertanian Republik Indonesia resmi menerima mandat Presidensi Indonesia G20 dalam Kelompok Kerja Bidang Pertanian.

Acara serah terima itu digelar melalui Launching Kick-Off Meeting Agriculture Working Group (AWG) Tahun 2022 yang bertempat di kantor Kementerian Pertananian, Jakarta, Kamis (27/1/2022). 

Sebelumnya pada tahun 2021, Presidensi G20 dipegang oleh Italia. Tahun ini, Indonesia untuk pertama kalinya menerima keketuaan/presidensi G20. 

Menteri Pertanian Italia Stefano Patuanelli mengungkapkan, dalam dunia yang semakin saling terhubung, multilateralisme merupakan kunci untuk mengatasi tantangan dan G20 dengan menyadari peran pentingnya, selalu berkomitmen untuk mencari solusi bersama yang efektif dan adil sebagai pijakan dalam meraih masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan. 

Stefano menekankan, pada pertemuan Menteri Pertanian G20 di bawah Presidensi Italia telah membahas 3 dimensi berkelanjutan di sektor pangan dan pertanian, serta memperkuat dialog antara Anggota G20. 

"Salah satu kekuatan dari Presidensi Italia pada forum Kelompok Kerja Bidang Pertanian kemarin adalah keterlibatan petani dan organisasi pertanian, serta peran aktif mereka dalam Forum Internasional Pertanian Berkelanjutan yang telah menjadi sarana bagi kita untuk menangkap aspirasi dari mereka yang berkecimpung secara langsung dalam produksi pangan dunia," kata Stefano dalam video yang dibagikan dalam acara Launching Kick-Off Meeting Agriculture Working Group (AWG) yang digelar secara hybrid, Kamis (27/1/2022). 

Oleh karena itu, Stefano mengucapkan selamat kepada Menteri Limpo atas penyelenggaraan pertemuan ini, yang diyakini dapat memberikan kontribusi terhadap Presidensi G20 Indonesia dalam perumusan berbagai isu prioritas pembangunan sektor pertanian dan upaya pencapaian tujuan pengentasan kelaparan (Zero Hunger Goal). 

"Ketahanan pangan selalu menjadi inti perdebatan para Menteri Pertanian dalam forum G20," tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar