FOKUS: #G20

Rusia Dukung Penuh Presidensi G20 Indonesia

Duta Besar Rusia untuk Indonesia di Jakarta Lyudmila Vorobieva memastikan negaranya mendukung penuh Presidensi G20 Indonesia. Demikian diungkapkannya kepada RRI.co.id usai Buka Puasa Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Rabu (20/04/2022). (Retno Mandasari/RRI)

KBRN, Jakarta: Duta Besar Rusia di Jakarta Lyudmila Vorobieva memastikan negaranya mendukung penuh Presidensi G20 Indonesia.

“Saya tidak berpikir ada perubahan besar. Seperti yang saya katakan, sudah berkali-kali. Kami mendukung kepresidenan G20 Indonesia. Prioritas yang telah disepakati,” ucap Dubes Lyudmila kepada RRI.co.id usai Buka Puasa Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Rabu (20/04/2022).

Lebih lanjut Lyudmila menambahkan, Rusia memahami posisi Indonesia di dalam presidensinya, untuk tetap pada tujuan dibentuknya G20.

“Kami menghargai posisi pemerintah Anda, bahwa G20 harus fokus pada masalah ekonomi dan keuangan global. Dan, konflik politik itu jangan sampai berlarut-larut. Karena akan mengalihkan perhatian dari penyelesaian masalah yang sangat penting,” imbuhnya.

BACA JUGA: Dubes Rusia Puji Harmonisasi Agama di Indonesia

Selain memastikan berpartisipasi pada setiap program pertemuan G20, Lyudmila mengindikasikan Presiden Vladimir Putin akan hadir saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Oktober-November mendatang di Bali.

“Kami bermaksud untuk berpartisipasi dalam pertemuan G20 dan mudah-mudahan presiden kami bisa datang ke KTT G20 di Bali,” ungkapnya.

Sementara, konsultasi Indonesia kepada para anggota G20 masih terus berlanjut, terkait presidensinya di dalam Grup 20 itu.

Utamanya adalah terkait tanggapan dan posisi para anggota terhadap situasi di Ukraina.

Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan (BDSP) Kementerian Luar Negeri Achmad Rizal Purnama menjelaskan, konsultasi putaran kedua akan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke empat negara Eropa pada 19 hingga 22 April.

Keempat negara yang dikunjungi Menlu RI selama empat hari adalah Inggris, Perancis, Belanda dan Turki.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar