FOKUS: #G20

Palestina Ingin Disuarakan Indonesia di G20

Duta Besar Palestina di Jakarta, Zuhair Al Shun, mengatakan, Palestina mengharapkan Indonesia akan memanfaatkan kepresidenannya di G20, untuk turut menyuarakan isu mengenai Palestina. (Foto:Retno Mandasari/RRI)

KBRN, Jakarta: Duta Besar Palestina di Jakarta Zuhair Al Shun berharap Indonesia dapat memanfaatkan kepresidenannya di Forum G20 untuk turut menyuarakan isu mengenai Palestina.

“Jika Indonesia memasukkan dokumen bantuan Palestina, kami sangat senang sekali. Banyak cara yang dilakukan oleh Indonesia melalui jalur diplomasi untuk memasukkan dokumen untuk membantu Palestina. Tentunya kami sangat senang," ungkapnya ketika ditemui RRI.co.id di Jakarta, Jumat (13/05/2022) sore.

Sebab, G20 dinilai merupakan pertemuan penting membahas berbagai negara yang memerlukan penanganan atau bantuan, termasuk Palestina.

“G20 merupakan pertemuan penting membahas negara-negara yang membutuhkan bantuan. Dan Palestina butuh bantuan," ujarnya.

BACA JUGA: Komunitas Palestina Berikan Penghormatan kepada Jurnalis Shireen

Zuhair menegaskan, Israel harus melaksanakan resolusi perdamaian.

“Komunitas internasional terus mendukung untuk menciptakan perdamaian dan Israel harus melaksanakan resolusi perdamaian tentang Palestina. Dan perlindungan internasional untuk rakyat Palestina,” tambahnya.

Ia juga memastikan, dua hal yang sangat dibutuhkan rakyat Palestina saat ini adalah kebebasan dan kemerdekaan.

“Yang paling penting dan sangat dibutuhkan oleh rakyat Palestina, adalah mendapat dukungan untuk memperoleh kebebasan dan kemerdekaan," pungkasnya.

Presidensi G20 Indonesia memfokuskan kepada tiga prioritas, yaitu arsitektur kesehatan dunia yang lebih kuat, transisi energi, dan transformasi digital.

Selain itu, dalam G20, Indonesia juga dapat menggunakan kepresidenannya untuk turut menyuarakan aspirasi negara-negara non anggota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar