FOKUS: #G20

Kaltim Siap Jadi Tuan Rumah Pra-KTT Y20

Gubernur Kaltim Isran Noor yang provinsinya akan menjadi tuan rumah Pra-KTT pemuda G20 atau Youth 20 (Y20), 21-22 Mei 2022. (Foto: Antara)
Y20

KBRN, Jakarta: Provinsi Kalimantan Timur siap menjadi tuan rumah Pra-Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-3 Youth 20 pada 21 dan 22 Mei 2022.

Youth 20, atau Y20, adalah wadah konsultasi resmi dialog pemuda dari negara-negara anggota G20. Sebelum pelaksanaan KTT Y20, sejumlah kegiatan Pra-KTT dilaksanakan. Pra-KTT pertama diadakan di Palembang, 19-20 Maret 2022. Kemudian Pra-KTT kedua diselenggarakan di Nusa Tenggara Barat, 23-24 April 2022. Setelah Pra-KTT ketiga di Balikpanan, rencananya Pra-KTT keempat akan dilangsungkan di Manokwari, 18-19 Juni 2022. 

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyambut baik pelaksanaan Pra-KTT Y-20 Indonesia 2022. Membahas isu planet yang berkelanjutan dan layak huni. Dalam kegiatan ini di Kalimantan Timur menjadi tanggung jawab moral kami sebagai salah satu provinsi pemilik hutan hujan tropis terbesar di Indonesia,” jelas Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, dalam keterangan pers yang diterima, Sabtu (14/5/2022).

Sebagai bagian dari Presidensi G20, Y20 berfokus pada isu-isu yang penting bagi masa depan dari sudut pandang pemuda.

Sebagai keluaran dari forum Y20, rekomendasi kebijakan yang dirumuskan para delegasi pemuda negara G20 akan dibahas dalam forum resmi kepala negara G20 nantinya.

Adapun, isu planet yang berkelanjutan dan layak huni menjadi tema besar pelaksanaan rangkaian acara Pra-KTT Y20 di Kalimantan Timur.

Penunjukan kota Balikpapan sebagai tempat penyelenggara Pra-KTT Y20 disertai dengan berbagai alasan. Sebelumnya, pada tahun 2021, Kota Balikpapan menerima penghargaan sebagai kota berkelanjutan di bidang lingkungan di tingkat Asia Tenggara. 

Selain itu, dalam perencanaan pembangunan Ibu kota Negara (IKN), kota Balikpapan akan menjadi kota penyangga IKN.

Sejalan dengan agenda G20, masalah lingkungan dan planet bumi akan selalu relevan dengan anak muda. Hal ini karena anak muda yang akan terus melanjutkan kehidupan di planet (bumi) untuk jangka waktu yang lebih lama dan panjang.

“Pada isu prioritas Y20 Indonesia, kita melanjutkan legacy issue atau isu warisan ini untuk semakin memikirkan aksi nyata dalam penyelesaian masalah bumi, dengan mengangkat 2 sub prioritas yaitu penjagaan sumber daya alam serta konsumsi dan produksi Berkelanjutan melalui ekonomi sirkular,” ujar  Mujab, Kepala Program, Logistik, dan Relasi Delegasi Y20 Indonesia 2022.

Pelaksanaan Pra-KTT Y20 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, dihadiri langsung oleh delegasi dan pengamat dari Jepang, Korea Selatan, negara-negara Asia Tenggara, serta perwakilan dari beberapa kedutaan asing di Indonesia. 

Selain itu, sejumlah pembicara turut hadir untuk menambah perspektif dalam kegiatan gelar wicara/talk show. Ahli seperti Herlina Hartanto dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara dan Kevin Lunzalu (Kenyan Youth Biodiversity Network) akan membantu para delegasi untuk dapat memahami bagaimana pemuda dapat berperan dalam menyelesaikan masalah-masalah lingkungan dan planet.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar