Film Mama Tunjukkan Sosok Ibu Hayalan

Film Mama (foto:Istimewa)

KBRN, Jakarta: Mama merupakan salah satu film horor tahun 2013 yang dibintangi Jessica Castain dan Nikolaj Coster-Waldau, serta dua aktris cilik Megan Charpentier dan Isabelle Nélisse.

Film Mama ini mengangkat sebuah cerita yang cukup unik, tidak seperti film horor pada umumnya di mana hantu digambarkan sebagai mahluk bengis dan berbahaya.

Tetapi, di film ini, hantu digambarkan dengan sosok perempuan berambut panjang dan memiliki sisi manusiawi, khususnya sisi keibuan dan memiliki rasa kasih sayang.

Dikisahkan Burnsie adalah seorang pria tua yang pekerjaannya mencari orang hilang sesuai dengan pesanan klien. Klien terakhirnyanya adalah seorang pria yang ingin mencari abang dan kakak iparnya yang menghilang. 

Setelah itu, mereka menemukan sebuah mobil rusak yang tampaknya sudah berusia tua dan terlibat kecelakaan. Tidak jauh dari mobil rusak itu, mereka menemukan sebuah rumah tua yang terlantar, dinding di bagian dalam rumah itu penuh dengan lukisan ceroboh anak-anak dan banyak sampah, bahkan mereka juga menemukan dua sosok mengerikan berwarna hitam yang beringas.

Lalu mereka memutuskan untuk menelepon klien mereka, Lucas dan istrinya Anabelle untuk menyampaikan kalau mereka telah menemukan kedua anak dari abangnya, Victoria dan Lily Desange. Mereka diserahkan dalam perawatan dr. Gerald, seorang psikolog yang menilai psikologis anak-anak itu. 

Lucas berusaha mendekati mereka, pertama adalah yang sulung, Victoria, ia membawakan kacamata miliknya yang dipakainya dulu. Victoria lalu memanggil lucas, ayah, lalu memeluknya dan ia tidak perduli meskipun Lucas mengatakan kalau dia adalah pamannya. 

Tapi Lily sama sekali tidak mau mendekat, ia hanya memilih sembunyi di bawah tempat tidur. Dr. Gerald mengatakan kalau kondisi psikologis Victoria dan Lilly sangat parah sehingga mereka memiliki sosok khayalan yang tampaknya dianggap sebagai penjaga, mereka memanggilnya Mama. 

Tapi Lucas tidak begitu saja bisa mengadopsi mereka, karena gajinya tidak mencukupi. Anabelle hanyalah pemain band amatir dan mereka tinggal di apartemen sempit berkamar satu. 

Satu lagi yang ingin mengasuh mereka adalah Jean Podosklos, yang ingin membawa mereka keluar negeri. Dr. Gerald masih ingin meneliti kejiwaan kakak beradik itu, sehingga dia membantu agar Lucas dan Annabelle tinggal di sebuah rumah yang besar sehingga bisa memelihara kedua keponakannya itu, dengan syarat mereka harus menerima kunjungannya setiap kali dia ingin datang memeriksa mereka. 

Lucas dan Annabelle juga harus merahasiakan lokasi rumah itu dari siapapun dan mereka setuju. Pada saat itu, Victoria bisa beradaptasi dengan rumah barunya, tapi Lilly selalu bersembunyi dibalik punggungnya dan lebih sering berjalan dengan tangan dan kaki, seperti hewan berkaki empat. 

Kesukaannya adalah bersembunyi di dalam kardus yang besar dan ketika makan malam, ia lebih memilih duduk di lantai, biarpun yang lainnya duduk di meja. Ia bahkan tidur di kolong tempat tidur, meskipun ada tempat tidur yang besar untuknya.

Dalam penelitiannya, dr. Gerald mendengar Victoria sering menyebut nama Edith Brennan yang ternyata adalah pasien rumah sakit jiwa yang berhasil melarikan diri dan terjun ke laut sambil membawa bayinya yang baru lahir. 

Di rumah, Annabel sering melihat keanehan-keanehan dan Lilly sering tertawa seperti sedang bermain, tapi begitu dilihat, Lilly terdiam. 

Lucas membujuk Annabel yang merasa tidak nyaman agar bersabar. Pada suatu malam, Annabel merasa ada seseorang di dalam rumah dan Lucas memutuskan untuk melihat-lihat ke sekeliling, sementara Annabel menjaga anak-anak. 

Lucas melihat seekor kupu-kupu hitam menempel di dinding dan membuat lubang gelap. Lucas memperhatikan dari dekat dan tiba-tiba keluar bayangan hitam yang mengejutkannya. 

Lucas terjatuh dari tangga dan koma, sehingga Annabel harus mengawasi anak-anak itu sendiri. Ia berusaha, meskipun ia tidak terbiasa dengan anak-anak. 

Ketika tidur, dia bermimpi melihat pintu lemari di kamar anak-anak, seperti ada sesuatu di dalam dan mengeluarkan suara yang aneh. Dr. Gerald menemukan sebuah boneka kayu menyeramkan di kamar mereka, ketika dia berkunjung ke rumah itu. 

Victoria mengatakan kalau boneka itu adalah mainan yang dibuat oleh Mama, tapi dia tidak mengatakan siapa itu Mama. Pada saat Annabelle membuat makan malam, Lilly tampaknya selalu tertawa sendiri dengan sosok yang tidak terlihat Annabel. 

Sesudah mengantarkan anak-anak ke kamar, Annabel masuk ke kamarnya sendiri dan tidur, mendadak pintu lemari di kamar anak-anak terbuka dan Lilly terbangun. Ia membangunkan Victoria dan mengatakan kalau Mama datang. 

Dari saluran udara di kamarnya, Annabelle mendengarkan senandung yang aneh, sehingga memutuskan untuk mengecek ke kamar mereka. Dia menemukan Victoria dan Lilly sedang bermain dan hebohnya di kamar. 

Annabelle melihat pintu lemari setengah terbuka dan mendekatinya tapi Victoria melarangnya. Sehingga Annabelle memutuskan untuk menutup saja pintu lemari itu dan tidak memeriksa isinya. Ia lalu menyuruh mereka untuk tidur.

Annabelle lalu menceritakan hal itu pada dr. Gerald dan mengatakan kalau ada seseorang yang mendatangi anak-anak itu. Dia yakin itu seorang wanita dan dia bersenandung. Tapi dr. Gerald menyatakan kalau kemungkinan besar Victoria lah yang bersenandung karena dia menderita kepribadian ganda ya g memposisikan dirinya sebagai Mama. 

Dr. Gerald lalu menemui petugas catatan sipil setempat untuk mencari tahu lebih jauh tentang Edith Brennan ini. Dia mendapatkan kotak yang berisikan dokumen dan benda peninggalan Edith. Sementara di rumah, Annabelle semakin sering dihantui dan mulai merasa ketakutan karena Lucas belum juga sadar dari koma.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00