Squid Game Dituduh Plagiat, Ini Kata Sutradara

Foto: Soompi

KBRN, Jakarta: Serial Squid Game yang sedang hits dituduh plagiat film Jepang berjudul As The Gods Will yang tayang pada 2014. 

Kedua film tersebut sama-sama menceritakan game tradisional yang membunuh para pemainnya jika kalah. 

Menanggapi hal tersebur, Sutradara Squid Game, Hwang Dong Hyuk menegaskan jika dirinya tidak menjiplak karya siapa pun. 

"Saat kami syuting, aku dengar ada kemiripan dengan As The Gods Will. Permainan pertama (di Squid Game) adalah Mugunhwa Has Bloomed dan memang mirip. Tapi itu kemiripan yang tidak disengaja dan tidak ada hubungannya dengan film. Setelah itu tidak ada lagi yang sama," jelasnya seperti dilansir Allkpop. 

"Permainan pertama juga telah ditentukan ketika aku menggarap naskah pada 2008-2009. Aku tidak melakukan plagiat. Justru sebenarnya aku yang pertama, karena aku yang menulisnya duluan," lanjutnya. 

Dalam konferensi pers virtual sebelum penayangan Squid Game, sutradara juga menjelaskan proses penggarapan Squid Game sejak awal produksi. 

"Setelah syuting film pertamaku di 2008, aku banyak membaca manga dan manhwa. Aku melihat banyak cerita tentang perjuangan hidup. Jadi menurutku menarik kalau genre ini dibuat versi Korea," jelas dia. 

Ia juga menambahkan, naskah Squid Game telah diselesaikan pada 2009. Namun saat itu dia gagal mendapatkan investor, ceritanya juga dianggap masih terlalu brutal. 

Hingga akhirnya naskah Squid Game dianggap cukup unik dan mencerminkan kondisi masyarakat saat ini. Sebagai sutradara lalu ia percaya diri melanjutkan ceritanya dan menyelesaikannya hingga akhirnya produksi dimulai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00