Sinopsis Film Keluarga, Corpse Bride

Film Corpse Bride (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Tim Burton's Corpse Bride merupakan film pada tahun 2005.

Film yang disutradarai oleh Mike Johnson dan Tim Burton menggunakan original characters dan cerita karya Tim Burton juga Carlos Grangel. Berlatarkan kota Victoria yang tidak disebutkan namanya, ada dua orang yang berbahagia.

Mereka adalah Victor Van Dort, putra dari orang kaya baru (pedagang ikan), dan Victoria Everglot, putri bangsawan miskin yang terabaikan.

Cerita cinta bernuansa mistis ini menyoroti seorang pemuda kaya yang menikah dengan mayat.  

Victor adalah seorang pemuda pemalu yang baik hati. Dia bertunangan dengan Victoria karena alasan sosial dan keuangan. 

Tetapi, mereka berdua nampak saling menyukai. Mereka akan menikah dalam waktu dekat, namun Victor selalu tak lancar dalam mengucapkan sumpah pernikahan dan tek-tek-bengek lainnya dalam upacara pernikahan.

Victor pun pergi ke hutan dan melatih sumpahnya di sana. Totalitas, dia juga sekalian belajar memasangkan cincin ke salah satu akar pohon yang terbalik di sana. 

Namun, betapa terkejutnya Victor ketika akar itu bukanlah pohon melainkan jari tangan seorang gadis yang sudah lama meninggal. Dialah Emily, si Corpse Bride.

Emily (dulunya) adalah seorang perempuan muda yang cantik dan naif. Dia sangat berhasrat dalam seni musik dan tari. Namun, tepat saat pernikahannya, dia meninggal dunia. 

Berkat sumpah Victor, Emily dapat bangkit dari kubur dan mengklaim kalau pernikahannya sah, dan sekarang dialah istri Victor. Tak menunggu, Emily langsung membawa 'roh' Victor pergi ke Land of the Dead (Tanah Orang Mati).

Victor tidak memiliki kuasa untuk kembali ke dunia manusia, jadi dia berusaha menikmati kebersamaannya dengan Emily. Setelah berbincang-bincang, Victor mengetahui bagaimana Emily meninggal.

Ternyata, gadis itu dibunuh pada malam dia berencana kawin lari dengan kekasihnya bertahun-tahun yang lalu. Tak hanya membunuh, pelaku itu juga mencuri perhiasan keluarga Emily yang dibawanya.

Di Tanah Orang Mati, Emily mempertemukan kembali Victor dengan anjingnya yang sudah lama mati, Memo. Namun, seberapa 'nyaman'nya pun Victor di dunia orang-orang mati, dia tetap belum mati, dan dia harus kembali ke Victoria. 

Victor pun memperdaya Emily untuk mengembalikan mereka ke Tanah Orang Hidup dengan mengatakan kalau dia ingin Emily bertemu dengan orang tuanya.

Emily pun membawa Victor menemui Penatua Gutknecht, penguasa Dunia Bawah. Dia dengan baik hati memberi Emily dan Victor 'jalan sementara'. Victor merasa bersalah karena telah menipu Emily, tapi mau bagaimana lagi.

Ia pun meminta pengantin wanitanya untuk menunggu di hutan, karena tak mungkin juga dia membawa mayat ke dunia manusia, terutama untuk bertemu dengan tunangan-manusia-nya yang asli.

Victor berhasil bertemu dengan Victoria dan mengatakan keinginannya untuk menikahi Victoria sesegera mungkin. Namun, sebelum pasangan itu dapat berciuman, Emily menemukan mereka. 

Merasa dikhianati dan terluka, dia menyeret Victor kembali ke Tanah Orang Mati. Victoria masih kebingungan tapi tetap sigap mencoba memberi tahu orang tuanya tentang situasi Victor.

Tapi, tentu tak ada orang waras yang akan mempercayainya. Orang tua Victoria beranggapan kalau Victor telah meninggalkan anak mereka demi gadis lain. 

Mereka pun memutuskan untuk menikahi Victoria dengan seorang pria yang mengaku kaya, bernama Lord Barkis Bittern, yang tiba-tiba muncul di gladi resik pernikahan. Victor memohon maaf pada Emily, yang menerima maafnya walau sangat kecewa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00