"The Ambush", Film Kisah Nyata Perang UEA

Foto : Vox Distribution
Foto : Vox Distribution
Foto : Vox Distribution

KBRN, Jakarta: The Ambush atau Al Kameen dalam Bahasa Arab adalah film perang produksi Uni Emirat Arab. Film ini disutradarai Pierre Morel dan ditulis Brandon Birtell serta Kurtis Birtell.

Film ini didasarkan kisah nyata dari penyergapan pada  2018, yang melibatkan tentara dan pemberontak di UEA. Film kisah nyata ini dibintangi antara lain Marwan Abdulla Saleh, Khalifa Al Jassem, Mohammed Ahmed, hingga Ghanim Nasser yang berperan sebagai Pemimpin Oposis.

Dikisahkan, di Pangkalan Mocha, semangat yang menggebu dari tiga tentara Emirat, karena jadwal kepulangan segera tiba. Ketiga tentara itu: Ali, Bilal dan Hindasi, bergegas melakukan patroli rutin terakhir mereka.

Di tengah patroli rutin itu, mereka disergap militan bersenjata berat di ngarai sempit. Dalam kondisi terperangkap, terluka, dan berada di luar jangkauan komunikasi, ketiga prajurit itu menyadari gawatnya situasi mereka. Terjebak dalam situasi yang teramat sulit mengharuskan berjuang bertaruh nyawa. Mereka kehabisan pilihan, amunisi, dan waktu.

Dengan bersusah payah akhirnya mereka bisa mengirimkan pesan ke pangkalan. Komandan mereka menerima kabar, dan menyadari serangan terhadap patroli tentara UEA telah direncanakan. Misi penyelamatan segera dilakukan, tetapi akankah dukungan udara dan darat mencapai orang-orang tepat waktu, dan akankah mereka bertahan? Selengkapnya bisa ditonton di layar lebar di Indonesia.

Lebih dari 400 pemeran dan anggota kru terlibat dalam The Ambush ini, yang difilmkan seluruhnya di UEA. Penayangan perdana film ini diselenggarakan di VOX Cinemas Yas Mall. Dihadiri sutradara Pierre Morel, produser Derek Dauchy dan Jennifer Roth, serta para pemerannya, bersama tentara Emirat asli yang kisah nyatanya menginspirasi film tersebut.

Sutradara Pierre Morel mengatakan: “Umpan balik yang kami terima dari audiens di seluruh UEA sangat luar biasa dan saya sangat bangga telah menjadi bagian dari proyek fantastis ini. Saya harap penonton terus bergema dengan kisah persaudaraan yang menginspirasi ini.”

VOX Distribution juga sebelumnya dengan bangga mengumumkan bahwa Al Kameen (The Ambush), produksi bersama antara AGC International dan Image Nation Abu Dhabi, telah memecahkan rekor box office sejak tayang perdananya. Hal ini menjadikannya sebagai film berbahasa Emirat dan Arab paling sukses yang pernah ada di UEA, dan termasuk dalam 20 pasar box office teratas di dunia.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar