Jelang Agustusan, Yuk Nonton Film Perang Kemerdekaan

Potret Prajurit Korps Marinir TNI AL menggunakan sejumlah alat tempur dan pengangkut pasukan di Pantai Todak Dabo Singkep, Kepulauan Riau, Jumat, 24 Juli 2020 (Ant/Muhammad Adimaja) - Foto memberikan gambaran pertumbuhan kekuatan militer Indonesia sejak era perjuangan kemerdekaan -

KBRN, Jakarta: Di Indonesia, bulan Agustus itu artinya sudah masuk momentum perayaan HUT Kemerdekaan.

Namun, tahun ini sepertinya perayaan HUT Kemerdekaan 17 Agustus atau akrab disebut masyarakat dengan tujuhbelasan akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Beberapa wilayah di Provinsi DKI Jakarta bahkan tidak memperbolehkan adanya perlombaan yang biasa berlangsung pada 17 Agustus setiap tahunnya. 

Meski begitu, kalian masih bisa meluangkan waktu untuk melihat cuplikan sejarah Indonesia merdeka lewat film-film bertemakan nasionalisme berikut ini. 

1. Trilogi Merdeka 

Film Darah Garuda, Merah Putih II (Dok. Istimewa)

Trilogi merdeka adalah film seri perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia,terdiri dari 3 film yaitu :

Film Merah Putih. Produksi tahun 2009

Film Darah Garuda produksi tahun 2010

Film Hati Merdeka, produksi tahun 2011

Latar cerita film ini diambil berdasarkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1947 saat terjadinya peristiwa Agresi Militer Belanda I ke jantung pemerintahan Republik Indonesia di Jawa Tengah.

Cerita Merah Putih berputar di sekawanan pejuang yang memiliki karakter berbeda karena perbedaan sifat, status sosial, etnis, budaya dan agama.  

Amir (Lukman Sardi), Tomas (Donny Alamsyah), Dayan (Teuku Rifnu), Soerono-Zumi Zola, dan Marius (Darius Sinathrya) adalah lima kadet yang mengikuti latihan militer di sebuah Barak Bantir di Semarang Jawa Tengah.

2. Soekarno 

Film Soekarno (Dok. Istimewa)

Kisah perjalanan Presiden pertama di Indonesia ini sudah nggak diragukan lagi.

Perjuangan, kecerdasan dan tekadnya yang kuat untuk memerdekakan Indonesia patut diacungi jempol. Nggak heran kalau perjalanan hidupnya dijadikan film. 

3. Jenderal Soedirman 

Film sejarah perjuangan Jenderal Soedirman (Dok. Istimewa)

Latar belakang film ini hampir sama dengan film Soekarno, hanya orangnya saja yang berbeda.

Jenderal Besar Raden Soedirman adalah seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Ia lahir dari pasangan rakyat biasa.

Namun, karena keuletannya, ia tumbuh menjadi pemuda yang aktif pada kegiatan organisasi seperti Muhammadiyah.

Jenderal Soedirman kerap ditunjuk sebagai pemimpin perang, salah satunya adalah perang gerilya yang membuat tentara Belanda kocar-kacir. 

4. Battle of Surabaya

Film Animasi karya anak bangsa, Battle of Surabaya (Dok. Istimewa)

Film bertema kemerdekaan Indonesia yang satu ini merupakan animasi 2D buatan anak bangsa dan telah meraih berbagai penghargaan internasional.

Film ini mengisahkan petualangan tukang semir sepatu bernama Musa yang menjadi kurir bagi pejuang arek-arek Suroboyo dalam peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

5. Soegija 

Film perjuangan berjudul 'Soegija' (Dok. Istimewa)

Satu lagi film perjuangan kemerdekaan arahan Garin Nugroho yang menceritakan tokoh pahlawan nasional, Albertus Soegijapranata.

Soegija, yang diperankan oleh Nirwan Dewanto, dinobatkan menjadi pahlawan nasional oleh Presiden Soekarno atas jasanya dalam berbagai bidang di pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00