Hari Pertama Prambanan Jazz Festival Disambut Meriah

Suasana Acara Prambanan Jazz Festival 2022 di Kawasan Candi Prambanan, Jumat (2/7/2022) (Foto: Instagram/@prambananjazz)

KBRN, Jakarta: Hari pertama konser musik tahunan Prambanan Jazz Festival 2022 yang digelar di kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta, disambut dengan animo masyarakat yang luar biasa. 

Hal tersebut diungkapkan oleh General Manager Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Jamaludin Mawardi. Ia menyebut suasana ini dampak dari masyarakat yang rindu dengan konser musik secara langsung.

"Hari pertama kami melihat animo masyarakat sungguh luar biasa, karena masyarakat sudah sedemikian lama tidak diperkenankan menyelenggarakan konser musik, budaya dan lainnya akibat pandemi Covid-19," ungkap Jamaludin dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Sabtu (2/7/2022).

Ia juga mengatakan event Prambanan Jazz ini menjadi tambahan atraksi bagi wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan. Karena di tahun 2022 lalu acara serupa banyak diselenggarakan secara online yang membuat animo masyarakat menurun.

"Beberapa waktu lalu sempat menurun drastis dan sekarang aturan trip yang sudah mulai dilonggarkan, maka positif bagi perkembangan industri pariwisata, khususnya di taman Candi Prambanan," katanya.

Jamaludin juga menyebutkan, setelah dilakukan pelonggaran, pengunjung per harinya bisa mencapai angka sekitar 12 ribu. Namun, aturan protokol kesehatan tetap diterapkan untuk mencegah penyebaran kembali Covid-19. 

Selain acara jazz ini, pengunjung juga diberi kesempatan untuk mengeksplorasi kebutuhan konten instagram atau sosmed mereka, dimana terdapat spot-spot foto menarik yang ada di sekitaran kawasan Candi Prambanan.

"Jadi memang candi Prambanan ini sangat luar biasa daya tariknya, sehingga wisatawan yang sempat ke prambanan pasti akan mencari angle foto yang bagus untuk dijadikan konten sosmed mereka," jelas Jamaluddin.

Sementara itu, untuk tarifnya sendiri belum ada perubahan. Hanya saja memang untuk acara Prambanan Jazz festival sendiri memiliki harga khusus yakni Rp25 ribu.

"Untuk tarif tidak ada kebijakan baru, kita masih memberlakukan tarif lama, Rp50 ribu untuk wisatawan lokal, dan US$25 untuk mancanegara dan Rp25 ribu untuk wisatawan pelajar, dan semua harga itu berlaku dari Senin hingga Minggu sama saja. Tidak ada kebijakan akan dinaikkan harganya," pungkasnya. 

Prambanan Jazz Festival digelar pada 1-3 Juli 2022 mendatang. Bertajuk 'Sewindu Merayakan Rindu', festival tersebut akan menampilkan sejumlah musisi terbaik tanah air.

Jika semalam sudah disuguhkan oleh penampilan Andien, Pamungkas, Diskoria, Kukuh Dumai dan Maliq &D'Essentials, di hari kedua dan ketiga mendatang akan disuguhkan penampilan Tulus, Kunto Aji, Dere, Fiersa Besari, Kahitna, Sor dan artis lainnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar