Kangen Nonton Konser? Patuhi Protokol Kesehatan Berikut

KBRN, Jakarta: Kapan terakhir kali anda menghadiri konser musik, teater, tari, atau pertunjukan hiburan lainnya? 

Semenjak pandemi corona mewabah, berbagai acara hiburan yang bersifat umum terpaksa dihentikan. Tidak terkecuali dengan konser. 

Hal itu dilarang pemerintah, karena ketika menghadiri konser pasti akan berkerumun dan berpotensi menularkan corona ke banyak orang

Maka tidak heran jika gelaran konser sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan demi mengurangi penyebaran virus. 

Namun dalam kondisi "Tatanan Kehidupan Baru" penyelenggaraan konser dapat dilakukan dengan mengikuti aturan yang telah berlaku, yang diatur oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Apa saja peraturannya? Berikut aturan khusus yang anda perlu ketahui:

Kementerian Kesehatan menerapkan aturan khusus dalam penyelenggaraan konser di masa pandemi. Aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum.

Dalam keputusan tersebut dijelaskan beberapa aturan konser di masa pandemi ini, di antaranya:

1. Jika menggunakan tempat duduk, kursi diatur berjarak satu meter atau untuk kursi permanen dikosongkan beberapa kursi untuk memenuhi aturan jaga jarak.

2. Tidak meletakkan item/barang yang ada di meja tamu/peserta dan menyediakan item/barang yang dikemas secara tunggal jika memungkinkan seperti alat tulis, gelas minum dan lain-lain.

3. Tidak dianjurkan untuk menyelenggarakan event dengan model pengunjung/penonton berdiri (tidak disediakan tempat duduk) seperti kelas festival dikarenakan sulit menerapkan prinsip jaga jarak.

4. Penerapan jaga jarak dapat dilakukan dengan cara memberikan tanda di lantai minimal 1 meter.

5. Jika menyediakan makan/minum yang disediakan, diolah, dan disajikan secara higienis. Bila perlu, dianjutkan tamu/peserta untuk membaca botol minum sendiri, disediakan dengan sistem konter/stall dan menyediakan pelayan yang mengambilkan makanan/minuman.

6. Bila mungkin, pengunjung disarankan membawa alat makan sendiri (sendok, garpu, sumpit).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00